PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PICTORIAL RIDDLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI HAMA DAN PENYAKIT PADA TUMBUHAN

EVLIN, FERINA (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PICTORIAL RIDDLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI HAMA DAN PENYAKIT PADA TUMBUHAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi pdf.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada materi hama dan dan penyakit pada tumbuhan. Berpikir kritis merupakan salah satu tujuan yang memerlukan latihan secara berulang-ulang dan suatu proses berpikir reflektif yang berfokus untuk memutuskan apa yang diyakini untuk diperbuat. Untuk mewujudkan dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, wahana pendidikan merupakan elemen penting sebagai wadah untuk terwujudnya tujuan pendidikan. Untuk memiliki kemampuan berpikir secara kritis tersebut peserta didik perlu adanya latihan. Adapun rumusan masalah yang mendasari penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada materi hama dan penyakit pada tumbuhan?” Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Experimental Design. Desain penelitian yang digunakan pada quasy experimental ini adalah posttest control group design. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2017 di kelas VIII SMP Negeri 21 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen (VIII E) dengan diterapkan model pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle dan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran Direct Instruction (DI) (VIII C). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acak kelas. Dan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik dilakukan tes dengan soal uraian berjumlah 10 butir soal. Uji hipotesis yang digunakan untuk mengetahui data hasil penelitian adalah uji-t. berdasarkan hasil uji-t didapat bahwa thitung>ttabel(0,05) yaitu dengan nilai 5,664 > 1,99085. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VIII SMP Negeri 21 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 12 Apr 2018 06:41
Last Modified: 12 Apr 2018 06:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3470

Actions (login required)

View Item View Item