BIMBINGAN AGAMA UNTUK MEMBENTUK AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA PRINGSEWU LAMPUNG (Studi Siswa Kelas VIII MTs Nurul Huda Pringsewu)

DEWA, FIKRI NURROHMAN (2024) BIMBINGAN AGAMA UNTUK MEMBENTUK AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA PRINGSEWU LAMPUNG (Studi Siswa Kelas VIII MTs Nurul Huda Pringsewu). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DEWA FIKRI NURROHMAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Akhlak merupakan bagian penting dalam hidup dan menjadi warna bagi kehidupan sesorang, upaya membina akhlak menjadi sangat relevan dalam rangka mewujudkan hidup yang harmonis. Akhlak sangatlah penting bagi suatu bangsa, sebab jika akhlak dalam keadaan krisis, maka kehormatan suatu bangsa akan hilang, bahkan akan menghambat kemajuan suatu bangsa. Lembaga formal dan non formal yang berada di indonesia hanya menekan kepada aspek kecerdasan intelektual dan cenderung kurang memperhatikan pengamalan ilmu dengan berakhlak, sehingga masalah akhlak seolah lepas dari masalah yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan agama untuk membentuk akhlak santri di pondok pesantren Nurul Huda Pringsewu Lampung (Studi Santri kelas VIII MTs Nurul Huda Pringsewu Lampung). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dimana peneliti kelokasi penelitian untuk memperoleh data atau informasi secara langsung dengan mendatangi subjek yang bersangkutan dengan permasalahan penelitian yang bersifat kualitatif deskripsi. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling yang penulis tentukan berjumlah 9 orang terdiri dari 1 pimpinan pondok, 3 managemen sekolah, 1 guru BK, 1 Guru Mata Pelajaran, 1 santri laki-laki dan 2 santri perempuan. Teknik pengambilan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data reduksi, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa bimbingan keagamaan di MTs Nurul Huda Pringsewu dibimbing oleh guru-guru sekaligus sebagai pembimbing atau pemberi bimbingan. Dalam prosesnya guru memberikan metode keteladanan, misalnya pada saat azan berkumandang guru segera bergegas ke masjid. Selain itu, seluruh guru ikut serta dalam setiap kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di MTs Nurul Huda Pringsewu. Program bimbingan agama yang khusus dilakukan di MTs Nurul Huda Pringsewu meliputi: pembinaan iqra, tadarus Al-Qur'an, belajar, salat zuhur dan asar berjama'ah, infaq bersama setiap hari Jum'at, muhadharah, kultum, dan pengajian kelas selain itu program bimbingan agama yang umum dilakukan oleh pengurus pondok pesantren dalam bentuk kajian keagamaan. Program tersebut rutin dilakukan sesuai jadwal yang sudah ditentukan, khususnya mengenai proram 60 menit setelah salat dzuhur yang menjadi program wajib sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam bimbingan keagamaan melibatkan interaksi tatap muka langsung antara siswa dan pembimbing. Metode langsung dapat dilakukan secara kelompok seperti muhadharah, pengajian kelas, salat berjamaah, tadarus Al-Qur’an dan setoran hafalan. Selain itu, metode langsung dapat dilakukan secara individual, biasanya metode individual ini dilakukan kepada siswa yang membutuhkan pembinaan secara intens. Kata Kunci: Bimbingan Agama, Akhlak, Santri. ABSTRACT Morals are an important part of life and become the color of a person's life. Efforts to develop morals are very relevant in order to create a harmonious life. Morals are very important for a nation, because if morals are in a state of crisis, then the honor of a nation will be lost, and will even hinder the progress of a nation. Formal and non-formal institutions in Indonesia only emphasize aspects of intellectual intelligence and tend to pay less attention to the practice of knowledge with morals, so that moral issues seem to be separated from existing problems. The aim of this research is to find out how religious guidance is implemented to shape the morals of students at the Nurul Huda Pringsewu Lampung Islamic boarding school (Santri Studies class VIII MTs Nurul Huda Pringsewu Lampung). The research method used is field research where the researcher goes to the research location to obtain data or information directly by visiting the subject concerned with the research problem which is a qualitative description. The selection of informants used a purposive sampling technique which the author determined was 9 people consisting of 1 boarding school leader, 3 school management, 1 guidance and counseling teacher, 1 subject teacher, 1 male student and 2 female students. Data collection techniques are observation, interviews and documentation. Data reduction analysis techniques, data presentation and verification. Based on the analysis of the data obtained, religious guidance at MTs Nurul Huda Pringsewu is guided by teachers who act as mentors or guidance providers. In the process the teacher provides exemplary methods, for example when the call to prayer is heard the teacher immediately rushes to the mosque. Apart from that, all teachers take part in every religious activity carried out at MTs Nurul Huda Pringsewu. The religious guidance program specifically carried out at MTs Nurul Huda Pringsewu includes: Iqra coaching, Al-Qur'an tadarus, studying, noon and asr prayers in congregation, joint infaq every Friday, muhadharah, kultum, and class recitations besides that. Religious guidance programs are generally carried out by Islamic boarding school administrators in the form of religious studies. This program is routinely carried out according to a predetermined schedule, especially regarding the 60 minute program after midday prayers which is a mandatory school program. The approach used in religious guidance involves direct face-to-face interaction between students and supervisors. Direct methods can be carried out in groups such as muhadharah, class recitation, congregational prayer, recitation of the Koran and memorizing. Apart from that, the direct method can be carried out individually, usually this individual method is carried out on students who need intense coaching. Keywords: Religious Guidance, Morals, Santri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Aug 2024 02:36
Last Modified: 14 Aug 2024 02:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34692

Actions (login required)

View Item View Item