UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING MENGATASI PESERTA DIDIK YANG MELAKUKAN PELANGGARAN TATA TERTIB SEKOLAH MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DI SMA NEGERI 1 TUMIJAJAR TULANG BAWANG BARAT

ITA, KURNIA DEWI (2024) UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING MENGATASI PESERTA DIDIK YANG MELAKUKAN PELANGGARAN TATA TERTIB SEKOLAH MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DI SMA NEGERI 1 TUMIJAJAR TULANG BAWANG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi ITA KURNIA DEWI 1911080109.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pelanggaran tata tertib merupakan masalah sosial yang tidak dapat dipungkiri,masalah sosial yang sangat perlu mendapat perhatian. Masalah pelanggaran tata tertib sangat memprihatinkan di zaman sekarang ini, terutama pada usia dini seperti anak-anak yang masih duduk dibangku SMA. Sehingga penelutian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Guru Bimbingan Konseling Mengatasi Peserta didik yang Melakukan Pelanggaran tata tertib Sekolah Menggunakan Layanan Konseling Kelompok Di SMA Negeri 1 Tumijajar Tulang Bawang Barat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research yang bersifat kualitatif Sumber data primer dari dalam penelitian ini adalah guru BK dan Peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara , observasi dan dokumentasi pengambilan sampel menggunakan purposive sampling untuk pelanggaran tata tertib yang mendominasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yang terdiri data reduction, data display dan conclusion/verification. Berdasarkan Hasil Penelitian dan Pembahasan mengenai Upaya Guru Bimbingan Konseling Mengatasi Peserta didik yang Melakukan Pelanggaran tata tertib Sekolah Menggunakan Layanan Konseling Kelompok Di SMA Negeri 1 Tumijajar Tulang Bawang Barat. dapat disimpulkan bahwa Di SMAN 1 Tumijajar pelanggaran tata tertib yang paling mendominasi dan paling sulit diatasi adalah peserta didik yang merokok, berkelahi dan membolos. Dan faktor yang memengaruhi peserta didik melakukan pelanggaran tata tertib yaitu faktor keluarga, faktor lingkungan masyarakat, faktor lingkungan sekolah.kemudian bimbingan kelompok yang dilakukan oleh guru BK untuk mengatasi pelanggaran tata tertib meliputi tahap Pembukaan, penjelasan masalah, penggalian latar belakang, penyelesaian masalah, penutup. Kata kunci: Upaya Guru Bimbingan dan Konseling, Tata Tertib Sekolah, Konseling Kelompok. ABSTRACT Juvenile delinquency is a social problem that cannot be denied, a social problem that really needs attention. The problem of juvenile delinquency is very concerning in this day and age, especially at an early age such as children who are still in high school. in high school. So this research aims to find out the Efforts of the Counseling Guidance Teacher's Efforts to Deal with Students Who Violate School Rules Using Group Counseling Services at SMA Negeri 1 Tumijajar Tulang Bawang Barat. This research is a qualitative field research or field research. The primary data sources in this study are counseling teachers and students. The data collection techniques used are interview techniques, observation and documentation sampling using purposive sampling for juvenile delinquency that dominates. Data validity techniques using triangulation. Data analysis using qualitative data analysis techniques consisting of data reduction, data display and conclusion/verification. Based on the results of research and discussion on the efforts of Counseling Guidance Teacher's Efforts to Deal with Students Who Violate School Rules Using Group Counseling Services at SMA Negeri 1 Tumijajar Tulang Bawang Barat, it can be concluded that at SMAN 1 Tumijajar the most dominating and most difficult to overcome juvenile delinquency are students who smoke, fight and skip classes. And the factors that influence students to commit juvenile delinquency are family factors, community environment factors, school environment factors. then group guidance conducted by counseling teachers to overcome juvenile delinquency includes the opening stage, problem explanation, background exploration, problem solving, closing. Keywords: Efforts of Guidance and Counseling Teachers, School Rules, Group Counseling.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Aug 2024 07:02
Last Modified: 13 Aug 2024 07:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34681

Actions (login required)

View Item View Item