EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN REALITAS DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PGRI 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Ferdialdo, Kevin (2018) EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN REALITAS DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PGRI 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (32MB) | Preview

Abstract

Aktivitas belajar dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik, upaya meningkatkan aktivitas belajar tidak mudah dicapai, karena banyak faktor yang mempengaruhi pencapaian aktivitas belajar. Ada dua faktor yang mempengaruhi aktivitas belajar yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Hal ini ditunjukan dengan adanya sikap peserta didik pada saat kegiatan belajar dan mengajar berlangsung seperti : banyak peserta didik yang kurang memperhatikan, jarang mengerjakan tugas, mudah putus asa, bermain-main, mengobrol didalam kelas, menjahili temannya, melamun dan tidak berkonsentrasi. dari masalah tersebut peneliti mencoba menerapkan pendekatan realitas untuk mengatasi aktivitas belajar peserta didik kelas VIII A SMP PGRI 6 Bandar Lampung Tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode preeksperimental designs dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A SMP PGRI 6 Bandar Lampung yang masuk dalam kriteria aktivitas belajar rendah. Pemilihan sampel dilakukan melalui penyabaran angket aktivitas belajar yang telah diuji validitas. Terdapat 8 peserta didik yang memiliki kategori aktivitas belajar yang rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar pada siswa setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan realitas. Berdasarkan test statistik dari uji Wilcoxon Signed Rank diperoleh Zhitung -2.536b, kemudian dibandingkan dengan Ztabel 0,05 = 49,78 ,maka Zhitung ≤ Ztabel (-2.536 ≤ 21.90), nilai asymptotik sig.(2-tailed) untuk uji dua arah sebesar 005 karena sig ≤ 0.05, ini menunjukkan bahwa maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian aktivitas belajar peserta didik kelas VIII A SMP PGRI 6 Bandar Lampung mengalami perubahan setelah diberikan konseling kelompok dengan teknik pendekatan realitas. dan sig 0.00 < ∝= 0,05.dengan taraf aktivitas belajar 95% data signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho di tolak dan Ha diterima Sehingga layanan konseling kelompok dengan teknik pendekatan realitas berpengaruh untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas VIII di SMP PGRI 6 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 11 Apr 2018 04:17
Last Modified: 11 Apr 2018 04:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3468

Actions (login required)

View Item View Item