KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN MINDFULNES DALAM MENGATASI KECEMASAN PADA REMAJA DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Indri, Septiani (2024) KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN MINDFULNES DALAM MENGATASI KECEMASAN PADA REMAJA DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI INDRI SEPTIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pelaksanaan sekaligus gambaran Konseling Individu Dengan Pendekatan Mindfulnes Dalam Mengatasi Kecemasan Remaja di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Kecemasan pada remaja merupakan masalah Kesehatan jiwa yang umum terjadi di sekolah terkait dengan kecemasa akibat perekembangan fisik dan emosional, tuntutan akademik, dan tekanan sosial. Yang di mulai dari keluarga, teman, lingkungan, bahkan dengan pribadinya seorang remaja itu sendiri, yang akhirnya mempengaruhi dirinya saat proses pembelajaran berlangsung seperti kurangnya percaya diri, gugup saat bertemu dengan orang lain, takut di kritik orang lain, menghindar bahkan tidak mau masuk sekolah karena dirinya tidak mentaati aturan sekolah seperti tidak mengerjakan tugas, tidak menghafal hafalan yang sudah di berikan oleh guru mata pelajaran, dan tidak masuk kelas karana untuk menghindari pelajaran yang membuat dirinya terbebani. Perilaku tersebut dapat menimbulkan dampak buruk bagi remaja karena sangat berkaitan dengan keberhasilan belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan sekaligus gambaran konseling individu dengan pendekatan mindfulnes dalam mengatasi kecemasan remaja di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik purposive sampling, sumber data yang di ambil melalui subjek 1 Guru BK, 3 siswa kelas VIII regular, 1 Wali kelas dan 1 Wakil kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara, data analisis dengan cara mereduksi data yang tidak relavan, memaparkan data dan menarik kesimpulan Hasil penelitian menunjukan bahwa, Konseling individu dengan pendekatan mindfulnes dalam mengatasi kecemasan remaja dengan melalui beberapa tahapan yaitu tahap awal introduksi, tahap kerja (aksi), dan tahap akhir (terminasi), konseling individu dengan menggunakan kegiatan parenting untuk siswa dan orang tua, selanjutnya konseling individu dengan pendekatan mindfulnes ini di lakukan dalam 3 kali pertemuan dengan setiap pertemua berbeda - beda tehnik yang di bahas yaitu ada pernafasan dalam, self talk dan teknik visual/guided imagery sehingga gangguan kecemasan pada remaja teratasi seperti remaja mulai tenang tidak tergesa – gesa, tidak murung, dan mampu mengelolah emosinya sehingga terhindar dari kecemasan. dengan teknik ini remaja di sana menerapkanya dalam kehidupan sehari-harinya saat di kelas pun terkadang walikelas juga menggunakan tehnik ini agar tidak membuat tegang saat pembelajaran berlangsung. Kata Kunci: Konseling Individu Pendekatan Mindfulnes Mengatasi Kecemasan Remaja. ABSTRACT This study aims to describe the implementation and description of Individual Counseling with Mindfulness Approach in Overcoming Adolescent Anxiety at MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Adolescent anxiety is a common mental health problem that occurs in schools related to anxiety due to physical and emotional development, academic demands, and social pressure. Which starts from family, friends, the environment, even with a teenager's own personality, which ultimately affects him during the learning process such as lack of confidence, nervousness when meeting other people, fear of being criticized by others, avoiding even not wanting to go to school because he does not obey school rules such as not doing assignments, not memorizing the memorization that has been given by the subject teacher, and not going to class to avoid lessons that make him burdened. This behavior can have a negative impact on adolescents because it is closely related to their learning success. This study aims to describe the implementation as well as an overview of individual counseling with a mindfulnes approach in overcoming adolescent anxiety at MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. This research uses descriptive qualitative research methods, with purposive sampling techniques, data sources taken through the subject of 1 counseling teacher, 3 regular VIII class students, 1 homeroom teacher and 1 deputy head of the school. The data collection techniques used are observation, interview, data analysis by reducing irrelevant data, presenting data and drawing conclusions. The results showed that, individual counseling with a mindfulnes approach in overcoming adolescent anxiety by going through several stages, namely the initial stage of introduction, the work stage (action), and the final stage (termination), individual counseling by using parenting activities for students and parents, Furthermore, individual counseling with a mindfulnes approach is carried out in 3 meetings with each meeting different techniques discussed, namely deep breathing, self talk and visual / guided imagery techniques so that anxiety disorders in adolescents are resolved such as adolescents starting to calm down, not rushing, not moody, and able to manage their emotions so as to avoid anxiety. With this technique, adolescents there apply it in their daily lives while in class, sometimes the class teacher also uses this technique so as not to make tension when learning takes place. Keywords: Individual Counseling Mindfulnes Approach to Overcoming Teenage Anxiety.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Aug 2024 06:52
Last Modified: 13 Aug 2024 06:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34679

Actions (login required)

View Item View Item