KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA PEMUDA MUSLIM KARANG TARUNA DI DESA GADINGREJO INDUK KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU

Zadewa, Yuzrian (2017) KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA PEMUDA MUSLIM KARANG TARUNA DI DESA GADINGREJO INDUK KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (18MB) | Preview

Abstract

Pemuda merupakan agen perubahan suatu peradaban. Pemuda merupakan aset bangsa yang tidak ada harganya, kemajuan atau kehancuran suatu bangsa terletak pada pemudanya. Pemuda muslim desa gadingrejo induk banyak yang membuang waktu mereka dengan sia-sia, untuk mengurangi itu semua maka diperlukan tekhnik komunikasi dan motivasi yang baik untuk merubah kebiasaan negatif mereka menjadi suatu kebiasaan yang positif dan produktif, yaitu dengan tekhnik berkomunikasi secara persuasif untuk memotivasi mereka berwirausaha. Untuk meneliti komunikasi dalam menumbuhkan motivasi berwirausaha tersebut, dirumuskan masalah yaitu: Bagaimana komunikasi persuasif dalam menumbuhkan motivasi berwirausaha pemuda muslim karang taruna Di Desa Gadingrejo Induk Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu dan faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan motivasi berwirausaha pemuda muslim karang taruna Desa Gadingrejo Induk Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode interview sebagai metode utama dan metode observasi sebagai metode bantu Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Dari populasi pemuda muslim di desa gadingrejo induk sebanyak 68 pemuda muslim dan berdasarkan kriteria pengambilan sampel maka terpilih 14 sampel dari pemuda muslim dan tokoh masyarakat desa gadingrejo induk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses komunikasi persuasif memiliki beberapa tahapan yang harus dilewati, yaitu: Attention (menarik perhatian), Interest (minat), Desire (hasrat), Decision (keputusan) dan Action (aksi atau tindakan). Adapun faktor pendukung dan penghambatnya, seperti karang taruna yang masih aktif, dukungan dari tokoh masyarakat, jiwa kewirausahaan yang masih ada di beberapa pemuda muslim dan tersedianya lahan kosong dan sumber air yang mudah. Sedangkan faktor penghambatnya, yaitu kurang nya pelatihan-pelatihan yang dilakukan karang taruna desa tentang kewirausahaan, banyaknya pemuda yang memilih menjadi pekerja dan malu untuk bertani.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 11 Apr 2018 01:28
Last Modified: 11 Apr 2018 01:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3467

Actions (login required)

View Item View Item