BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PEMBERIAN INFORMASI UNTUK MENGEMBALIKANFUNGSI SOSIALWARGABINAAN DI BALAI PEMASYARAKATAN (BAPAS) KELASII BANDAR LAMPUNG

Rizki, Azis Andika Fadhilah (2024) BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PEMBERIAN INFORMASI UNTUK MENGEMBALIKANFUNGSI SOSIALWARGABINAAN DI BALAI PEMASYARAKATAN (BAPAS) KELASII BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK RIZKI AZIS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Setiap klien anak yang menjadi warga binaan dan menjadi tahanan di LPKA yang kemudian bebas bersyarat dan wajib lapor tentu akan kembali ke lingkungan rumah dan keluarga nya pasca menjadi tahanan dan tidak bersosialisasi di luar. Di Balai Pemasyarakatan kelas II Bandar Lampung, mayoritas warga binaan mencakup berbagai latar belakang dan tingkat kebutuhan yang berbeda. Anak-anak sebagai warga binaan memiliki tantangan tersendiri dalam memulihkan fungsi sosial mereka setelah menjalani masa hukuman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan proses pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik pemberian informasi untuk mengembalikan fungsi sosial warga binaan di Balai Pemasyarakatan kelas II Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang memuat hasil penelitian untuk memahami fenomena tentang sesuatu yang dialami subjek penelitian seperti perilaku, persepsi, tindakan dan sebagainya yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena secara inti dan mendalam dengan cara mengumpulkan data sebaik mungkin pada subjek yang di teliti. Teknik pengambilan data purpose sampling dengan sumber data yaitu warga binaan (klien anak) berusia 13-18 tahunyang mengalami disfungsi sosial. Klien anak yang pendiam dan tidak percaya diri dalam memandang masa depan dan sulit bersosialisasi, dan pembimbing kemasyarakatan di Balai Pemasyarakatan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok dengn teknik pemberian informasi untuk mengembalikan fungsi sosial warga binaan di Balai Pemasyarakatan Kelas II Bandar Lampung di laksanakan dengan tahapan tahapan sebagai berikut, Tahap perencanan pertama yaitu tahap pembentukan yang mana konselor atau PK akan memperisapkan alat serta sarana dan prasarana, penjadwalan klien, pembentukan kelompok oleh konselor. Dalam tahap pembentukan, ketika klien telah mendapat jadwal maka klien akan datang sesuai dengan jadwal dan orang orang yang dalam kelompok terdapat 15 orang. Tahap pelaksanaan yaitu pembimbing kemasyarakatan akan menyampaikan materi sesuai dengan hasil asesmen klien, materi yang disampaikan yaitu materi tentang anajemen stress, dukungan sosial, dan sebagainya, Sebelum sesi akhir konselor akan melakukan refleksi kepada klien. Tahap akhir adalah tahap pengakhiran dengan melakukan penutupan pelaksanaan bimbingan kelompok dan melakukan evaluasi klien serta melihat track record klien selama menjalani masa tahanan. Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Pemberian Informasi, Fungsi sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Aug 2024 04:25
Last Modified: 13 Aug 2024 04:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34663

Actions (login required)

View Item View Item