HUBUNGAN KESTABILAN EMOSI DENGAN PROBLEM SOLVING PADA MAHASISWA YANG BEKERJA PARUH WAKTU

Fivi, Rahmawati (2024) HUBUNGAN KESTABILAN EMOSI DENGAN PROBLEM SOLVING PADA MAHASISWA YANG BEKERJA PARUH WAKTU. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI FIVI RAHMAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN KESTABILAN EMOSI DENGAN PROBLEM SOLVING PADA MAHASISWA YANG BEKERJA PARUH WAKTU Oleh : Fivi Rahmawati Mahasiswa yang bekerja paruh waktu harus menjalani peran lebih berat dibandingkan mahasiswa yang tidak bekerja. Sambil menjalankan perkuliahan mereka di kampus, mahasiswa tersebut juga dibebani dengan tanggung jawab untuk mampu menyelesaikan tugas—tugas di tempat kerja mereka Berbagai masalah juga dihadapi oleh mahasiswa yang bekerja paruh waktu ditempat kerjanya termasuk kerja yang ajeg, perselisihan relasional dengan sesama rekan kerja dan dengan atasan, kompetisi, gaji yang kurang mencukupi, dan akumulasi beban kerja. Penelitian ini bertujuan untung mengetahui hubungan kestabilan emosi dengan problem solving pada mahasiswa yang bekerja paruh waktu. Populasi dalam penelitiian ini adalah mahasiswa yang kuliah sambil bekerja paruh waktu dengan sampel penelitian berjumlah 272 orang yang dianalisis menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan teknik purposive sampling. Skala yang digunakan yaitu skala kestabilann emosi dengan jumlah 23 aitem (a = 0,906), skala problem solving dengan jumlah 23 aitem (a = 0,901) Perhitungan analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan software JASP 18.1 for windows Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kestabilan emosi dengan problem solving pada mahasiswa yang bekerja paruh waktu, dengan nilai koefisien R=0,612 dan nilai F=161.295 dengan taraf signifikan p<0.001, dengan Sumbangan efektif dari variabel independen ini sebesar 37.4% terhadap problem solving. Kata Kunci : Kestabilan Emosi, Problem Solving. ABSTRACT THE RELATIONSHIP OF EMOTIONAL STABILITY AND PROBLEM SOLVING IN STUDENTS WHO WORK PART-TIME Author : Fivi Rahmawati Students who work part time have to take on heavier roles than students who don't work. While carrying out their studies on campus, these students are also burdened with the responsibility of being able to complete tasks at their workplace. Various problems are also faced by students who work part time at their workplace, including steady work, relational disputes with fellow colleagues and with superiors. , competition, insufficient salaries, and accumulated workload. This research aims to find out the relationship between emotional stability and problem solving in students who work part time. The population in this research were students who studied while working part time with a research sample of 272 people who were analyzed using quantitative methods and using purposive sampling techniques. The scales used are the emotional stability scale with a total of 23 items (a = 0.906), the problem solving scale with a total of 23 items (a = 0.901). Based on the results of tests that have been carried out, it shows that there is a significant relationship between emotional stability and problem solving in students who work part time, with a coefficient value of R=0.612 and a value of F=161.295 with a significant level of p<0.001, with an effective contribution from this independent variable. amounting to 37.4% for problem solving. Keywords: Emotional Stability, Problem Solving.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Aug 2024 04:12
Last Modified: 13 Aug 2024 04:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34659

Actions (login required)

View Item View Item