BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA DI MTs AL-IKHLAS KECAMATAN TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Kiki, Nurmala Sari (2024) BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA DI MTs AL-IKHLAS KECAMATAN TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK KIKI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Self-efficacy yang rendah dalam diri siswa dapat mengakibatkan malas untuk belajar, rasa cemas yang tinggi dalam mengerjakan tugas, kemampuan diri yang rendah terhadap pembelajaran, dan rasa cepat menyerah terhadap pembelajaran sertaakan berpengaruh pada hasil belajarnya. Rendahnya Self-efficacy terlihat ketika siswa diberikan materi siswa cenderung cuek atau sibuk dengan kepentingannya sendiri seperti melamun dan ngobrol dengan teman sebangkunya serta hasil nilai belajarnya pun menurun. Di Madrasah Tsanawiyah ini salah satu cara agar siswa mampu meningkatkan Self-efficacy dalam belajarnya Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhlas memberikan sebuah pelayanan yaitu layanan bimbingan kelompok. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan Self�efficacy siswa di Madrasah TsanawiyahAl-Ikhlas Tanjung BintangLampung Selatan. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan), dengan metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu dengan menggambarkan secara lengkap data yang diperoleh dilapangan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada 6 orang yang terdiri 1 guru bimbingan konseling, 1 guru wali kelas dan 4 siswa yang berada di Madrasah TsanawiyahAl�Ikhlas . Teknik analisis data yang digunakan penulis adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan Self-efficacy siswa dilakukan dengan mengikuti tahapan-tahapan sebagai berikut: 1) Tahap persiapan kegiatan, meliputi sasaran layanan, penetapan materi, metode dan teknik, tujuan yang ingin dicapai, mempersiapkan media, alat & bahan dan tempat & waktu pelaksanaan. 2) Pelaksanaan kegiatan, meliputi tahap awal/pendahuluan, tahap inti terdiri dari penyampaian materi &diskusi tanya jawab dan tahap akhir/penutup 3) Tahap evaluasi kegiatan, evaluasi dilakukan disetiap akhir pertemuan atau pelaksanaan layanan bimbingan kelompok yang dilakukan, guru bimbingan konseling dan wali kelas bekerjasama untuk melihat pengaruh dari pelaksanaan kegiatan layanan bimbingan kelompok. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhlas secara pola pikir dapat dinilai cukup memberikan hasil yang baik dan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai dalam bimbingan kelompok. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Self-efficacy, Siswa. ABSTRACT Low self-efficacy in students can result in being lazy about studying, high anxiety in doing assignments, low self-efficacy for learning, and a feeling of giving up quickly on learning and will have an impact on learning outcomes. Low self-efficacy can be seen when students are given material, students tend to be indifferent or busy with their own interests such as daydreaming and chatting with their classmates and their learning scores also decrease. At Madrasah Tsanawiyah, one way for students to be able to increase their self�efficacy in their studies. Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhlas provides a service, namely group guidance services. The aim of this research is to determine the implementation of group guidance services in increasing student self-efficacy at Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhlas Tanjung Bintang, South Lampung. This type of research is field research, with a descriptive qualitative research method, namely by completely describing the data obtained in the field through interviews, observation and documentation. The data sources in this research were 6 people consisting of 1 guidance and counseling teacher, 1 homeroom teacher and 4 students at Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhlas. The data analysis techniques used by the author are data collection, data reduction, data presentation, drawing conclusions. Based on the research results, it shows that the implementation of group guidance services in increasing student self�efficacy is carried out by following the following stages: 1) Activity preparation stage, including service targets, determining materials, methods and techniques, goals to be achieved, preparing media, tools & materials and place & time of implementation. 2) Implementation of activities, including the initial/preliminary stage, the core stage consisting of the delivery of material & question and answer discussions and the final/closing stage 3) Activity evaluation stage, evaluation is carried out at the end of each meeting or implementation of group guidance services carried out by the counseling guidance teacher and homeroom teacher work together to see the effect of implementing group guidance service activities. Based on the research results, it is known that students at Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhlas in terms of mindset can be assessed as providing good results and in accordance with the goals to be achieved in group guidance. Keywords: Group Guidance, Self-efficacy, Students.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Aug 2024 02:47
Last Modified: 13 Aug 2024 02:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34636

Actions (login required)

View Item View Item