PENGEMBANGAN HANDOUT MELALUI PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA BERBASIS BUDAYA LOKAL PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII SMP 20 BANDAR LAMPUNG

Aini, Elma Purnama (2018) PENGEMBANGAN HANDOUT MELALUI PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA BERBASIS BUDAYA LOKAL PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII SMP 20 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Budaya lokal peserta didik merupakan salah satu sumber yang dapat menunjang proses pembelajaran matematika. Namun, dalam proses pembelajaran sebagian peserta didik masih belum mampu menghubungkan antara pengetahuan yang dimiliki dengan materi pembelajaran. Khususnya hasil kerajinan budaya Lampung yaitu motif tapis lampung yang dihubungkan dengan materi bangun datar kelas VII SMP semeser genap. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah dalam mengembangkan handout dan mengetahui kualitasnya dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan kemenarikan. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono dan pada penelitian ini dibatasi sampai tujuh langkah penelitian dan pengembangan, yaitu: 1) Potensi dan Masalah; 2) Mengumpulkan informasi; 3) Desain Produk; 4) Validasi Desain; 5) Revisi Desain; 6) Uji Coba Produk; dan 7) Revisi Tahap Ahir. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu wawancara, observasi, dan kuesioner (angket). Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas bahan ajar adalah angket penilaian dari ahli materi, media, dan bahasa, serta angket respon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang memaparkan hasil pengembangan produk. Berdasarkan hasil analisis data ditinjau dari aspek kualitas kevalidan bahan ajar memperoleh skor rata-rata 4,17 dengan kategori “Valid”. Sedangkan respon peserta didik pada uji coba terbatas memperoleh nilai rata-rata 3,67 dengan kategori “Praktis”, dan angket respon peserta didik pada uji coba luas memperoleh nilai rata-rata 4,02 dengan kategori “Menarik”. Hal ini menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan mempunyai kriteria valid, praktis, dan menarik sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan belajar mengajar pada materi bangun datar SMP/MTs kelas VII semester genap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 09 Apr 2018 07:09
Last Modified: 09 Apr 2018 07:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3461

Actions (login required)

View Item View Item