PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT DAN SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD N 2 CAMPANG RAYA BANDAR LAMPUNG TP. 2016/2017

Nisaa, Khoirun (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT DAN SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD N 2 CAMPANG RAYA BANDAR LAMPUNG TP. 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pelajaran matematika disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu pemilihan model pembelajaran matematika yang digunakan kurang tepat terhadap pokok bahasan yang akan diberikan yang mengakibatkan peserta didik cenderung pasif dan membosankan. Untuk itu tujuan penelitian yang ingin dicapai yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran ARIAS memberikan pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Campang Raya Bandar Lampung. Dimana dalam model pembelajaran ini peserta didik ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen semu (Quasy Experimental Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Campang Raya Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara acak kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji non- parametrik Mann- Whitney. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan “U-test”. Hasil Analisis data menunjukkan bahwa dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran ARIAS (Assesment, Relevance, Interst, Assessment, Stiffaction) dan Model Pembelajaran Konvensional memiliki perbedaan terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai Z = 7,295 > 1,96. Sehingga dapat diambil keputusan H0 dari hipotesis ditolak, dengan kata lain bahwa H1 dari hipotesis yang diajukan diterima yang berarti bahwa penerapan Model Pembelajaran ARIAS dan Model Pembelajaran Konvensional memiliki perbedaan dilihat dari hasil belajar matematika materi KPK dan FPB peserta didik kelas IV SD N 2 Campang raya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata Kunci: Model Pembelajaran ARIAS, Model Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 13 Mar 2017 01:50
Last Modified: 13 Mar 2017 01:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/346

Actions (login required)

View Item View Item