PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK PUNISHMENT DALAM MEREDUKSI PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG

ARRAHMAH, NURFADHILAH (2024) PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK PUNISHMENT DALAM MEREDUKSI PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tahapan perencanaan layanan konseling individu dengan teknik punishment dalam mereduksi perilaku membolos peserta didik SMP Negeri 19 Bandar Lampung, untuk menganalisis pelaksanaan layanan konseling individu dengan teknik punishment dalam mereduksi perilaku membolos peserta didik SMP Negeri 19 Bandar Lampung, dan untuk menganalisis hasil pelaksanaan layanan konseling individu dengan teknik punishment dalam mereduksi perilaku membolos peserta didik SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif naratif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk mendeskripsikan suatu objek, fenomena atau setting social dalam suatu tulisan yang bersifat naratif. Adapun prosedur pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling dan peserta didik kelas VIII berinisial RSR, YF, dan MAK. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan konseling individu dengan teknik punishment efektif benar adanya dapat mereduksi perilaku membolos peserta didik. Dalam pemberian layanan konseling individu guru bimbingan dan konseling menggunakan tiga tahap, tahap awal attending dimana guru BK mendefinisikan masalah peserta didik, tahap kedua tahap pertengahan dimana guru BK menjelajahi dan mengeksplorasi masalah peserta didik, dan tahap yang terakhir yaitu tahap tindakan. Kata Kunci : Pelaksanaan Layanan Konseling Individu, Teknik Punishment, Perilaku Membolos ii ABSTRACT This study aims to analyze the planning stages of individual counseling services with punishment techniques in reducing the truant behavior of students of SMP Negeri 19 Bandar Lampung, to analyze the implementation of individual counseling services with punishment techniques in reducing the truant behavior of students of SMP Negeri 19 Bandar Lampung, and to analyze the results of the implementation of individual counseling services with punishment techniques in reducing the truant behavior of students of SMP Negeri 19 Bandar Lampung. This research uses a qualitative research approach, with a descriptive narrative type of research, which is research conducted to describe an object, phenomenon or social setting in a narrative writing. The data collection procedure uses interviews, observation, and documentation. The subjects in this study were guidance and counseling teachers and class VIII students with the initials RSR, YF, and MAK. Data validity using source triangulation. The results of this study indicate that the implementation of individual counseling services with effective punishment techniques can reduce students' skipping behavior. In providing individual counseling services, guidance and counseling teachers use three stages, the initial stage of attending where counseling teachers define students' problems, the second stage of the middle stage where counseling teachers explore and explore students' problems, and the last stage is the action stage. Keywords: Implementation of Individual Counseling Services, Punishment Techniques, Skipping Behavior

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Aug 2024 08:05
Last Modified: 09 Aug 2024 08:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34580

Actions (login required)

View Item View Item