MENERAPKAN TEKNIK GRAFFITO UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KARTINI JATIMULYO LAMPUNG SELATAN

PUTRI, PURNAMA SARI (2024) MENERAPKAN TEKNIK GRAFFITO UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KARTINI JATIMULYO LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of PUTRI PURNAMA SARI 1911070183-1.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan motorik halus menjadi jembatan bagi anak untuk mengembangkan aspek kecerdasan terkait dengan kecerdasan kinestetik tubuh yang mencakup kemampuan anak dalam kepekaan dan keterampilan dalam mengontrol dan mengoordinasi gerakan�gerakan tubuh serta terampil dalam menggunakan peralatan-peralatan tertentu yang dimanfaatkan anak dalam aktivitas bermainnya. Tujuan penelitian ini , untuk mengetahui perkembangan motorik halus menggunakan teknik graffito. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi penelitian ini berjumlah 15 anak dengan usia 5-6 tahun, sampel penelitian ini berjumlah 15 anak. Pada penelitian ini terdapat II siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 15 anak. Teknik pengumpulan data yang peneliti pakai adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh, kemudian di analisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik graffito untuk mengembangkan motorik halus anak usia 5-6 tahun di tk kartini jatimulyo lampung selatan Terdapat peningkatan kemampuan motorik halus, Pra penelitian BSB 0%, siklus I BSB 0%, Siklus II BSB 12 anak (80%). Dari analisis data, kemampuan motoric halus pada siklus I menunjukkan presentase sebesar 0%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas belum berhasil, oleh karena target yang ditentukan adalah 80%. Maka penelitian ini berlanjut pada siklus II dengan hasil 80%. Pada siklus II sudah mencapai target yang diharapkan, maka penelitian ini diberhentikan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik graffito memiliki pengaruh positif terhadap perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Anak-anak dalam rentang usia tersebut mengalami peningkatan kemampuan motorik halus mereka setelah terpapar dengan kegiatan teknik graffito. Hal ini menunjukkan bahwa teknik graffito dapat menjadi salah satu metode yang efektif dalam merangsang dan meningkatkan perkembangan motorik halus pada anak usia prasekolah. Kata kunci : Motorik Halus, Teknik Graffito, Anak Usia Dini iv ABSTRACT Fine motor skills are a bridge for children to develop aspects of intelligence related to bodily kinesthetic intelligence which includes children's abilities in sensitivity and skills in controlling and coordinating body movements as well as being skilled in using certain equipment that children use in their play activities. The aim of this research is to determine fine motor development using the graffito technique. This research uses classroom action research (PTK). The population of this study consisted of 15 children aged 5-6 years, the sample for this study was 15 children. In this research there are two cycles, each cycle consisting of 3 meetings with qualitative descriptive research. The subjects of this research were 15 children. The data collection techniques that researchers use are observation, interviews and documentation. The data obtained was then analyzed using descriptive statistics. The research results show that the application of the techniquegraffiti to develop fine motor skills in children aged 5-6 years at the Kartini Kindergarten, Jatimulyo, South Lampung. There was an increase in fine motor skills, Pre-research BSB 0%, cycle I BSB 0%, Cycle II BSB 12 children (80%). From data analysis, fine motor skills in cycle I showed a percentage of 0%. This shows that the class action research has not been successful, because the target set is 80%. So this research continued in cycle II with results of 80%. In cycle II, the expected target had been achieved, so this research was stopped. Thus, this research was declared successful. Based on the research conducted, it can be concluded that the use of graffito techniques has a positive influence on the fine motor development of children aged 5-6 years. Children in this age range experience an increase in their fine motor skills after being exposed to graffito techniques. This shows that the graffito technique can be an effective method in stimulating and improving fine motor development in preschool children. Keywords: Fine Motor, Graffito Technique, Early Childhood

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Aug 2024 04:23
Last Modified: 09 Aug 2024 04:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34573

Actions (login required)

View Item View Item