IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MENCIPTAKAN SUASANA PEMBELAJARAN YANG KONDUSIF DI SDIT BAITUL JANNAH BANDAR LAMPUNG

LEKOK, RIZKA (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MENCIPTAKAN SUASANA PEMBELAJARAN YANG KONDUSIF DI SDIT BAITUL JANNAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER, BAB 1-2, DAPUS).pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MENCIPTAKAN SUASANA PEMBELAJARAN YANG KONDUSIF DI SDIT BAITUL JANNAH BANDAR LAMPUNG OLEH : LEKOK RIZKA Program sekolah ramah anak telah menjadi fokus penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dengan menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif bagi peserta didik. Tujuan dari pengembangan program ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan dan perkembangan holistik anak melalui pendekatan yang berfokus pada kebutuhan dan hak-hak anak. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang implementasi program sekolah ramah anak di SDIT Baitul Jannah Bandar Lampung. Peneliti melakukan observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan pendidik dan staf sekolah, serta diskusi kelompok terfokus dengan orang tua dan peserta didik. Penelitian menunjukkan bahwa implementasi program sekolah ramah anak memperkuat hubungan antara pendidik, peserta didik, dan orang tua. Adanya kolaborasi antara mereka yang dapat memenuhi kebutuhan individu peserta didik secara lebih efektif. Selain itu, suasana pembelajaran yang inklusif dan berempati menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan sosial, emosional, dan akademik anak-anak. Kesimpulannya, program sekolah ramah anak merupakan pendekatan yang efektif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif bagi anak-anak. Melalui pendekatan kualitatif, peneliti menyimpulkan bahwa kolaborasi antara kepala sekolah, koordinator kurikulum, waka kesiswaan, pendidik dan berbagai staf kepentingan di sekolah, memainkan peran kunci dalam kesuksesan program ini. Implementasi yang holistik dari program tersebut telah membawa dampak positif pada kesejahteraan dan perkembangan anak-anak di lingkungan sekolah. Oleh karena itu, diperlukan dukungan yang berkelanjutan dan komitmen dari semua pihak terkait untuk memastikan kelangsungan dan efektivitas program sekolah ramah anak ini. Kata kunci: program sekolah ramah anak,menciptakan suasana pembelajaran, kondusif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Aug 2024 02:49
Last Modified: 09 Aug 2024 02:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34563

Actions (login required)

View Item View Item