PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK

LYTINIA, EKA DESWITA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LYTINIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan penalaran adaptif dalam pembelajaran matematika merupakan suatu hal yang harus dimiliki setiap peserta didik. Berdasarkan hasil pra penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 1 Katibung, menunjukkan bahwa kemampuan penalaran adaptif peserta didik masih rendah. Rendahnya kemampuan penalaran adaptif disebabkan karena kurang tepatnya model pembelajaran yang membuat peserta didik kurang aktif selama proses pembelajaran. Penerapan model pembelajaran DLPS diharapkan dapat memperbaiki masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui (1) pengaruh model pembelajaran DLPS terhadap kemampun penalaran adaptif, (2) pengaruh antara peserta didik dengan gaya belajar peserta didik, terhadap kemampuan penalaran adaptif, (3) interaksi antara model pembelajaran DLPS dan gaya belajar peserta didik terhadap kemampuan penalaran adaptif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Experimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Katibung. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran DLPS dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis menggunakan anova dua arah sel tak sama dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil uji anova dua arah sel tak sama diperoleh kesimpulan: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran DLPS terhadap kemampuan penalaran adaptif, (2) terdapat pengaruh peserta didik dengan gaya belajar peserta didik terhadap kemampuan penalaran adaptif, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran DLPS dan gaya belajar peserta didik terhadap kemampuan penalaran adaptif. Kata Kunci : Model Pembelajaran DLPS, Kemampuan Penalaran Adaptif, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2024 07:14
Last Modified: 08 Aug 2024 07:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34549

Actions (login required)

View Item View Item