PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF REGULATED LEARNING TERHADAP PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS VII MTS NEGERI 1 LAMPUNG TENGAH

AMADEA, MUNFIQADATI (2024) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF REGULATED LEARNING TERHADAP PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS VII MTS NEGERI 1 LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI AMADEA MUNFIQADATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Dari permasalahan yang terdapat pada peserta didik kelas VII di MTs Negeri 1 Lampung Tengah yaitu perilaku prokrastinasi akademik, sehingga diperlukan sebuah upaya untuk menurunkan perilaku prokrastinasi akademik melalui konseling kelompok dengan teknik self regulated learning. Prokrastinasi akademik dapat ditunjukkan dengan penundaan untuk memulai maupun menyelesaikan tugas, keterlambatan dalam mengerjakan tugas, kesenjangan waktu antara niat perilaku, dan lebih memilih untuk melakukan aktivitas yang lebih menyenangkan dari pada harus menyelesaikan tugas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self regulated learning terhadap perilaku prokrastinasi akademik peserta didik kelas VII MTs Negeri 1 Lampung Tengah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pre eksperimental design dalam bentuk one group pre test post test design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Proses pengambilan sampel menggnakan purposive sampling, dengan populasi yaitu peserta didik kelas VII sebanyak 75 dan sampel yang digunakan sebanyak 14 peserta didik kelas VII yang memiliki permasalahan perilaku prokrastinasi akademik. Peserta didik melakukan pre test atau sebelum diberikan perlakuan berupa konseling kelompok dengan teknik self regulated learning terhadap perilaku prokrastinasi akademik peserta didik dan didapat nilai pre test dengan nilai rata-rata 86,1 (kategori sedang). Setelah diberikan perlakuan, maka dilakukan post test dengan nilai rata-rata sebesar 62,7 (kategori rendah). Uji hipotesis penelitian ini menggunakan rumus uji wilcoxon dan diketahui Asymp. Sig (2-tailed) dengan nilai 0.001 serta taraf signifikan 5%. Karena 0,001 < 0,05 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Hα diterima. Sehingga dari penelitian ini dapat dinyatakan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik self regulated learning berpengaruh terhadap perilaku prokrastinasi akademik peserta didik kelas VII MTs Negeri 1 Lampung Tengah. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Self Regulated Learning, Prokrastinasi Akademik iv ABSTRACT From the problems found in class VII students at MTs Negeri 1 Lampung Tengah, namely academic procrastination behavior, so an effort is needed to reduce academic procrastination behavior through group counseling with self-regulated learning techniques. Academic procrastination can be shown by delays in starting or completing tasks, delays in doing tasks, time gaps between behavioral intentions, and preferring to do activities that are more fun than having to complete tasks. The purpose of this study was to determine the effect of group counseling services with self-regulated learning techniques on the academic procrastination behavior of students in class VII MTs Negeri 1 Lampung Tengah. The type of research used in this study is quantitative with a pre-experimental design in the form of a one group pre test post test design. The data collection techniques used are interviews and questionnaires. The sampling process uses purposive sampling, with a population of 75 seventh grade students and a sample of 14 seventh grade students who have academic procrastination behavior problems. Students do a pre test or before being given treatment in the form of group counseling with self-regulated learning techniques on students' academic procrastination behavior and get a pre test score with an average value of 86.1 (moderate category). After being given treatment, a post test was conducted with an average value of 62.7 (low category). This research hypothesis test uses the wilcoxon test formula and is known Asymp. Sig (2-tailed) with a value of 0.001 and a significant level of 5%. Because 0.001 <0.05, it can be concluded that Hα is accepted. So that from this study it can be stated that group counseling services with self-regulated learning techniques have an effect on the academic procrastination behavior of class VII students of MTs Negeri 1 Lampung Tengah. Keywords: Group Counseling, Self Regulated Learning, Academic Procrastination

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2024 07:01
Last Modified: 08 Aug 2024 07:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34545

Actions (login required)

View Item View Item