PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK MELALUI METODE PEMBIASAAN DI PAUD AL MUTTAQIEN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN

Ismasari, Berta (2018) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK MELALUI METODE PEMBIASAAN DI PAUD AL MUTTAQIEN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview

Abstract

Peran guru dalam mengembangkan kepercayaan diri anak secara kontinyu serta terus menerus. Dalam perkembangan percaya diri anak sangat dipengaruhi adanya pembiasaan dari guru, dalam hal ini guru memiliki kemampuan untuk mengawasi dan membimbing kehidupan peserta didik. Dengan demikian sehingga penulis merumuskan judul penelitian Peran Guru dalam Mengembangkan Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 Tahun melalui Metode Pembiasaan di PAUD Al Muttaqin Sukadadi Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam mengembangkan kepercayaan diri anak di PAUD Al Muttaqin Sukadadi Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan subyek peneliti 13 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis tersebut maka peneliti mengemukakan hasil penelitian bahwa mengembangkan kepercayaan diri anak usia 4-5 tahun pada umumnya bernilai cukup. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan sebelumnya, maka peneliti dapat simpulkan bahwa sebagai guru dalam mengembangkan kepercayaan diri anak mempunyai target atau inisiatif bahwa adanya mengembangkan kepercayaan diri anak melalui metode pembiasaan diharapkan peran guru dapat mengembangkan kepercayaan diri anak sesuai dengan adanya 6 indicator yang dikembangkan. Dalam melaksanakan pembelajaran dalam mengembangkan kepercayaan diri anak melalui metode pembiasaan, dengan menggunakan peran-peran sebagai berikut: 1) mengajarkan rasa empati, 2) memberikan semangat atau dorongan, 3) memfasilitasi sarana dan prasarana untuk perkembangan anak, 4) menghargai keunggulan orang lain, 5) menunjukkan sikap mandiri, 6) menunjukkan rasa percaya diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Apr 2018 03:26
Last Modified: 05 Apr 2018 03:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3454

Actions (login required)

View Item View Item