LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG

Hajar, Vera Ariesta (2018) LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full VERA.pdf]
Preview
PDF
Download (37MB) | Preview

Abstract

Disiplin adalah suatu sikap mengikuti dan menaati semua peraturan dengan tertib dan teratur serta dilaksanakan dengan penuh kesadaran dan bertanggung jawab. Siswa yang berdisiplin mempunyai pemahaman yang baik mengenai sistem perilaku, mempunyai sikap mental, menunjukkan sikap kesungguhan hati dalam menaati tata tertib. Fenomena yang ada di SMP Negeri 6 Bandar Lampung masih ada siswa yang memiliki tingkat perilaku disiplin yang rendah, dan layanan yang diberika oleh guru bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Bandar Lampung dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu analisis data yang menekankan pada makna, penalaran, definisi suatu situasi tertentu (dalam konteks tertentu) serta menggambarkan apa adanya mengenai perilaku obyek yang sedang diteliti. Alat pengumpul data yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan dalam pengolahan dan analisis data langkah yang digunakan yaitu reduksi data, display data yaitu proses pemilihan dan penyederhanaan data, display daya yaitu penyajian data secara utuh dan verifikasi data yaitu proses penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Bandar Lampung dapat meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Layanan bimbingan klasikal tersebut efektif dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik hal itu dilihat dari perilaku peserta didik yang tidak melanggar peraturan sekolah lagi seperti, berangkat sekolah tepat waktu, disiplin dalam berseragam, mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru mata pelajaran, tidak menyontek, mampu membagi waktu dalam belajar dan mengerjakan tugas PR di rumah tidak di saat jam mata pelajaran berlangsung. Kata kunci : Layanan Bimbingan Klasikal dan kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2018 07:31
Last Modified: 04 Apr 2018 07:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3453

Actions (login required)

View Item View Item