MATERI PENDIDIKAN AKHLAK ANAK MENURUT UMAR BIN AHMAD BARAJA DALAM KITAB AL-AKHLĀQ LI AL-BANĪN

Akhiruddin, Muhammad (2017) MATERI PENDIDIKAN AKHLAK ANAK MENURUT UMAR BIN AHMAD BARAJA DALAM KITAB AL-AKHLĀQ LI AL-BANĪN. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_full.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Kedudukan akhlak dalam kehidupan manusia menempati tempat yang penting, sebab jatuh bangunnya suatu individu atau masyarakat tergantung kepada bagaimana akhlaknya.Apabila akhlaknya baik maka sejahtera lahir batinnya.Namun, apabila akhlaknya rusak maka rusaklah lahir batinnya.Kualitas manusia tidak dapat diukur hanya dari keunggulan keilmuan dan keahlian semata, tetapi juga diukur dari kualitas akhlak. Ilmu yang tinggi tanpa disertai dengan akhlak mulia akan menjadi sesuatu yang sia-sia. Ilmu tanpa akhlak dapat membawa kepada kehancuran.Berbagai fenomena dan gejala sosial dikalangan anak-anak seperti praktek sopan santun yang mulai memudar, kurang hormat terhadap orang tua dan guru, kasus-kasus kekerasan pada anak, geng motor, pornografi, tawuran, narkoba, dan ketidakjujuran menjadi pemandangan sehari-hari di negeri ini. Degradasi perilaku anakdikarenakan kurangnya pendidikan akhlak pada waktu kecil. Idealnya pendidikan akhlak dilakukan sejak dini dalam rangka penanaman nilai-nilai akhlak. Pembentukan akhlak untuk anak sebenarnya sudah menjadi perhatian para ulama ataupun ilmuan Islam. Perhatian ulama terhadap pendidikan akhlak tampak pada kitab Al-Akhlāq Li Al-Banīn, yang dikarang oleh Umar Bin Ahmad Baraja. Adapun rumusan masalah yang dimaksud adalah Bagaimana materi pendidikan akhlak anak menurut Umar Bin Ahmad Baraja serta apa saja kelebihan dan kekurangan yang terdapat dalam kitab Al-Akhlāq Li Al-Banīn. Selanjutnya, penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian library research yang merupakan penelitian deskriptif.Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah content analysis, yaitu mengeksplorasi materi pendidikan akhlak anak dalam kitab Al-Akhlāq Li Al-Banīn yang disajikan secara deskriptif analitik komparatif. Setelah dilakukan kajian yang mendalam, hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pendidikan akhlak anak dalam kitab Al-Akhlāq Li Al-Banīn mencakup pentingnya pendidikan akhlak sejak dini, dasar pendidikan akhlak (al-Qur’an dan hadits), ruang lingkup akhlak (akhlak terhadap Allah SWT., Rasulullah SAW., keluarga dan kerabat, tetangga, dan masyarakat), serta macam-macam akhlak (akhlak mahmudah dan akhlak madzmumah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 13 Mar 2017 01:50
Last Modified: 13 Mar 2017 01:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/345

Actions (login required)

View Item View Item