PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 8 BANDAR LAMPUNG

Rega, Waldan Asfa (2024) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 8 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1&2+dapus.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of full skripsi rega.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN 8 BANDAR LAMPUNG Oleh REGA WALDAN ASFA 2011080145 Motivasi belajar merupakan suatu dorongan yang mampu menggerakan atau mengarahkan perubahan tingkah laku peserta didik yang dapat memotivasi kegiatan belajar peserta didik dalam mencapai tujuan belajar. Namun kenyataannya terdapat beberapa peserta didik yang terindikasi memiliki motivasi belajar yang rendah. Sehingga perlu untuk menumbuhkan motivasi belajar supaya tidak mengganggu prestasi belajar dan masa depannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik problem solving untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMAN 8 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 peserta didik X.2. Hasil analisis Paired Samples Test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) = 0,001 < 0,05. Artinya, ada perbedaan yang bermakna atau signifikan antara motivasi belajar peserta didik sebelum dan setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik Problem Solving. Berdasarkan hasil uji beda menggunakan Paired�Sample T-test antara motivasi belajar awal dan akhir peserta didik dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan. Sehingga dengan data tersebut penulis dapat mengetahui bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik Problem Solving terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X di SMAN Bandar Lampung.. Pada kelas X.2 hasil pretest 42,9 dan setelah diberi perlakuan menjadi 157.5 Sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Problem Solving, dan Motivasi Belajar iv ABSTRACT THE INFLUENCE OF PROBLEM SOLVING ENGINEERING GROUP GUIDANCE SERVICES ON INCREASING STUDENTS' LEARNING MOTIVATION AT SMAN 8 BANDAR LAMPUNG By REGA WALDAN ASFA 2011080145 Learning motivation is a drive that can move or direct changes in student behavior that can motivate student learning activities in achieving learning goals. However, in reality there are some students who are indicated to have low learning motivation. So it is necessary to foster learning motivation so as not to interfere with learning achievement and their future. The purpose of this study was to determine the effect of group guidance services using problem solving techniques to improve student learning motivation at SMAN 8 Bandar Lampung. The sample in this study was 10 students X.2. The results of the Paired Samples Test analysis showed that the Sig. (2-tailed) = 0.001 <0.05. This means that there is a meaningful or significant difference between student learning motivation before and after receiving group guidance services using the Problem Solving technique. Based on the results of the difference test using the Paired�Sample T-test between the initial and final learning motivation of students, it can be concluded that there is a significant difference. So with these data the author can find out that there is an influence of group guidance services using the Problem Solving technique on the learning motivation of class X students at SMAN Bandar Lampung. In class X.2 the pretest results were 42.9 and after being given treatment it became 157.5. So it can be concluded that group guidance with problem solving techniques can be used as one way to increase students' learning motivation. Keywords: Group Guidance, Problem Solving Techniques, and Learning Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Aug 2024 04:21
Last Modified: 07 Aug 2024 04:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34465

Actions (login required)

View Item View Item