PELAKSANAAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KESADARAN DISIPLIN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH BANDAR LAMPUNG

M. Uzni, Mubarokh Hasibuan (2024) PELAKSANAAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KESADARAN DISIPLIN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI M. UZNI MUBAROKH HASIBUAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan kedisiplinan pada peserta didik di sekolah, seperti peserta didik membolos dan terlambat. Permasalahan ini terdapat pada peserta didik kelas VIII di MTs Muhammadiyah Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan teknik self management dalam menumbuhkan kesadaran disiplin belajar pada peserta didik kelas VIII Mts Muhammadiyah Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain studi kasus, kasus dari penelitian ini terdiri dari single case design yang menggunakan satu kasus. Subyek pada penelitian ini adalah Guru BK di MTs Muhammadiyah Bandar Lampung dan obyek peserta didik kelas VIII yang terdiri dari 5 obyek. Adapun prosedur pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh guru BK tentang langkah-langkah Teknik Self Management yang dilakukan oleh guru BK ada 5 langkah akan tetapi data dan fakta yang penulis temui hanya menggunakan 3 langkah pemantauan diri (Self-monitoring). Membuat rencana perubahan (Working out a plan for change), Perencanaan tindakan evaluasi (Evaluating an action plan). Serta terdapat pula perubahan yang dirasakan dalam menurunkan kecenderungan perilaku terlambat sekolah pada peserta didik kelas VIII MTs muhammadiyah Bandar Lampung, berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan guru bimbingan dan konseling kepada peserta didik. Kata Kunci : Disiplin Belajar, Self Management iii ABSTRACT This research is motivated by the existence of discipline problems in students at school, such as students skipping class and being late. This problem is found in class VIII students at MTs Muhammadiyah Bandar Lampung. The purpose of this study was to determine how the implementation of self management techniques in fostering awareness of learning discipline in class VIII students at MTs Muhammadiyah Bandar Lampung. The research method used in this research is qualitative with a case study design, the case of this research consists of a single case design that uses one case. The subjects in this study were VIII grade students consisting of 5 subjects and the object of research was the counseling teacher at MTs Muhammadiyah Bandar Lampung. The data collection procedure uses interviews, observation and documentation. The results of the research conducted by the BK teacher The stages of Self Management Technique Counseling Services carried out by the BK teacher use 3-step counseling stages, self-monitoring, Making a change plan, Evaluating an action plan. And there are also changes that are felt in reducing the tendency for late school behavior in class VII students at MTs Muhammadiyah Bandar Lampung, based on the result of interviews conducted by guidance and counseling teachers with students. Keywords: Learning Discipline, Self Management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:38
Last Modified: 07 Aug 2024 03:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34455

Actions (login required)

View Item View Item