IMPLEMENTASI MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-AZHAR 6 JATIMULYO LAMPUNG SELATAN

ANNISA, MAYSARROH (2024) IMPLEMENTASI MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-AZHAR 6 JATIMULYO LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,2 & dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Annisa Maysarroh.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Implementasi media Buku cerita bergambar diidentifikasikan dengan adanya kenyataan bahwa peran pendidik terhadap pembentukan karakter gemar membaca anak usia dini yang selama ini kurang optimal dalam kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penggunaan media buku cerita bergambar dalam pembentukan karakter gemar membaca usia 5-6 tahun di kelas Al-Qudus TK AlAzhar 6 Jatimulyo?”, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media buku cerita bergambar dalam pembentukan karakter gemar membaca anak usia 5-6 tahun di Al-Qudus TK Al�Azhar 6 Jatimulyo. Penelitian ini menggunakan penelitian Deskripsi Kualitatif dengan subyek penelitian adalah guru dan peserta didik di kelas Al-qudus. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian adalah Observasi, Wawancara dan Dokumentasi, Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah peneliti lakukan selama satu bulan di TK Al-Azhar 6 Jatimulyo Lampung Selatan dalam implementasi media buku cerita bergambar terhadap pembentukan karakter gemar membaca anak usia 5-6 tahun dapat dilihat bahwa adanya media buku cerita bergambar dapat meningkatkan perkembangan karakter gemar membaca anak di mana Pada saat kegiatan pembelajaran dengan melalui media buku cerita bergambar guru sudah melakukan langkah langkah dan media yang di gunakan sudah tepat,namun ketika pembelajaran berlangsung meggunakan buku cerita bergambar ada beberapa faktor yang menyebabkan karakter gemar membaca anak belum berkembang contohnya pada saat melakukan kegiatan pembelajaran melalui buku cerita bergambar kegiatan yang digunakan untuk mengembangkan karakter gemar membaca anak masih kurang sehingga menyebabkan karakter gemar membaca anak belum berkembang secara maksimal. Kata Kunci: Karakter Gemar Membaca, Buku Cerita Bergambar iii ABSTRACT The implementation of picture story book media is identified by the fact that the role of educators in forming the character of young children who like to read has been less than optimal in learning activities. The formulation of the problem in this research is "How is the use of picture story book media in forming characters who like to read aged 5-6 years in the Al-Qudus class of Al-Azhar 6 Jatimulyo Kindergarten?", The aim of this research is to determine the use of picture story book media in forming Characters who like to read are children aged 5-6 years at Al�Qudus Kindergarten Al-Azhar 6 Jatimulyo. This research uses qualitative description research with the research subjects being teachers and students in the Al-qudus class. The data collection tools that the author used in the research were observation, interviews and documentation. The data analysis technique used in this research was triangulation. Based on the results of the analysis and discussion that researchers conducted for one month at AlAzhar 6 Kindergarten, Jatimulyo, South Lampung, in the implementation of picture story book media on the character formation of children aged 5-6 years, it can be seen that the presence of picture story book media can improve character development. Children like to read. During learning activities using picture story books, the teacher has taken the steps and the media used is appropriate, however, when learning takes place using picture story books, there are several factors that cause children's character to like reading to not develop, for example when Carrying out learning activities through picture story books, activities used to develop children's reading character are still lacking, causing children's reading character to not Keywords: Characters who like reading, picture story book

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Aug 2024 08:19
Last Modified: 06 Aug 2024 08:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34443

Actions (login required)

View Item View Item