PENGGUNAAN KONSELING INDIVIDUAL DALAM MEMBANTU MENGATASI PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PANGUDI LUHUR BANDAR LAMPUNG

Umairoh, Efi (2018) PENGGUNAAN KONSELING INDIVIDUAL DALAM MEMBANTU MENGATASI PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PANGUDI LUHUR BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (37MB) | Preview

Abstract

Kegiatan layanan konseling dapat diselenggarakan baik secara perorangan maupun kelompok. Secara perorangan layanan konseling dilaksanakan melalui konseling individual, sedangkan secara kelompok melalui konseling kelompok. Konseling individual ditujukan kepada peserta didik untuk membantu memperbaiki kebiasaan yang kurang memadai/perilaku menyimpang (perilaku membolos) agar menjadi perilaku yang lebih baik lagi di lingkungan sekolah. Hasil survey pra penelitian yang penulis peroleh di Sekolah Menengah Atas (SMA) Pangudi Luhur Bandar Lampung menunjukkan bahwa masih terdapat peserta didik yang melakukan pelanaggaran tata tertib sekolah (membolos). Berdasarkan permasalahan tersebut penulis mengajukan judul penelitian: “ Penggunaan Konseling Individual Dalam Membantu Mengatasi Perilaku Membolos Peserta Didik Kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA) Pangudi Luhur Bandar Lampung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Bagaimana pelaksanaan konseling individual dalam mengatasi perilaku membolos peserta didik kelas XI di SMA Pangudi Luhur Bandar Lampung dan Bagaimana hasil layanan konseling individual dalam mengatasi perilaku membolos peserta didik kelas XI di SMA Pangudi Luhur Bandar Lampung? Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI dan 1 guru bimbingan konseling, dari jumlah keseluruhan peserta didik kelas XI, penulis mengambil 7 peserta didik ditambah 1 guru bimbingan dan konseling untuk dijadikan sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data digunakan metode analisis data yang bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan berfikir induktif dan deduktif. Berdasarkan pengolahan dan analisis data yang penulis lakukan dalam skripsi ini diketahui bahwa pelaksanaan layanan konseling individual terjadi kebanyakan didasari atas inisiatif guru BK yaitu dengan cara memanggil peserta didik, selain itu kondisi sarana dan prasarana yang kurang memadai untuk melakukan konseling individual. Oleh karena itu guru BK harus menguasai pengetahuan bidang konseling teknik dan langkah-langkah yang akan dilaksanakan, sehingga pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling individual di sekolah berjalan dengan baik dan maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Apr 2018 02:56
Last Modified: 03 Apr 2018 02:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3443

Actions (login required)

View Item View Item