EFEKTIVITAS KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) UNTUK MENINGKATKAN REGULASI EMOSI PADA PELAKU BULLYING Di MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Rosinta, Putri Pertiwi (2024) EFEKTIVITAS KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) UNTUK MENINGKATKAN REGULASI EMOSI PADA PELAKU BULLYING Di MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi rosita BAB 135.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi rosita full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dari permasalahan yang terdapat pada peserta didik kelas VIII di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung yaitu bullying, hal tersebut dikarekan regulasi emosi yang rendah pada pelaku bullying. Sehingga diperlukan sebuah upaya untuk meningkatkan regulasi emosi pada pelaku bullying melalui konseling individu dengan Teknik Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT). Bullying adalah pengalaman yang terjadi ketika seseorang merasa teraniaya oleh tindakan orang lain dan takut apabila perilaku buruk tersebut akan terjadi lagi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan konseling individu dengan teknik Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) untuk meningkatkan regulasi emosi pada pelaku bullying di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII Reguler yang berjumlah 3 peserta didik. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan bentuk atau jenis desain dari Pre Eksperimental Design (One Group Pretest-Posttest Design), dan hasilnya di hitung dengan menggunakan program SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian, nilai t hitung 22.300 > 2.919, maka hal ini menunjukkan bahwa ho ditolak ha diterima, dengan demikian regulasi emosi pada pelaku bullying terdapat perbedaan setelah diberikan konseling individu dengan Teknik REBT. Dengan demikian regulasi emosi pada pelaku bullying di MTs Muhammadiyah Sukarame mengalami peningkatan setelah diberikannya layanan bimbingan individu dengan menggunakan Teknik Rational Emotive Behavior Therapy. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa layanan konseling individu dengan Teknik Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) dapat meningkatkan regulasi emosi pada pelaku bullying di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Kata Kunci : Regulasi Emosi, bullying, Layanan Konseling Individu, dan Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) ABSTRACT From the problems found in class VIII students at MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung, namely bullying, this is due to low emotional regulation in bullying perpetrators. So that an effort is needed to improve emotional regulation in bullying perpetrators through individual counseling with the Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) technique. The inability of adolescents to manage emotions, especially negative emotions, one of which can be expressed with aggressive behavior which then leads to bullying behavior. Bullying is an experience that occurs when someone feels persecuted by the actions of others and is afraid that the bad behavior will happen again. The purpose of this study was to determine the effectiveness of group counseling with Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) techniques to improve emotional regulation in bullying perpetrators at MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. The research sample was Regular VIII class students totaling 3 students. The type of research that the author uses in this research is experimental quantitative method. In this study, the authors used a form or type of design from Pre-Experimental Design (One Group Pretest-Posttest Design), and the results were calculated using the SPSS 25 program. Based on the paired t test results in the table above, the t value is 22.300, the sig value. (2-tailed) is smaller than 0.05 (0.002 ≤ 0.05), t count 22.300 while the t table is 2.919. because t count 22.300> 2.919, this shows that ho is rejected ha is accepted, thus emotional regulation in bullying perpetrators there is a difference after being given individual counseling with REBT techniques. Thus, emotional regulation in bullying perpetrators at MTs Muhammadiyah Sukarame has increased after the provision of individual guidance services using the Rational Emotive Behavior Therapy Technique. This study concluded that individual counseling services with the Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) Technique can improve emotional regulation in bullying perpetrators at MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Keywords: Emotion Regulation, bullying, Individual Counseling Services, and Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Aug 2024 03:11
Last Modified: 06 Aug 2024 03:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34427

Actions (login required)

View Item View Item