PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI SATU ATAP 1 CANDIPURO LAMPUNG SELATAN

SITI, USWATUN HASANAH (2024) PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI SATU ATAP 1 CANDIPURO LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN BA1 BAB2 DAFTAR PUSTAKA.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL Siti Uswatun Hasanah 1911080400.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penulis mengambil judul “pelaksanaan layanan konseling individu dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas VIII SMP negeri Satu Atap 1 Candipuro Lampung Selatan” penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan layanan konseling individu dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 1 Candipuro Lampung Selatan untuk mengetahui pelakasnaan layanan konselng individu, untuk mengetahui hambatan yang dialami guru bimbingan dan konseling dan faktor penyebab terjadinya kesulitan belajar, serta mengetahui hasil dari pelaksanan layanan konseling individu dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 1 Candipuro Lampung Selatan. kesulitan belajar dapat diartikan sutu kondisi dimana kopetensi atau prestasi yang dicapai tidak sesuai dengan kritria standar yang telah di terapkan. kesulitan belajar adalah suatu kondisi dimana anak didik tidak dapat belajar secara wajar , disebabkan adanya ancaman, hambatan atau gangguan dalam belajar Penelitian ini bersifat deskriptif dan termasuk kedalam jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi terdapat 4 peserta didik dari 25 siswa kelas VIII. peserta didik yang memiliki permasalahan kesulitan belajar, susah memahami Pelajaran. Tidak bisa fokus terhadap materi yang dijelaskan, tidsk bisa membaca dan sering melakuakan perbuatan menggangu teman didalam kelas, tidak mengerjakan tugas�tugas dengan baik. Adapun bentuk peserta didik yang mengalamin hambatan dalam proses belajar. Sehingga siswa mendapatkan prestasi yang rendah. Penulis melakukan keabsahan data menggunakan Teknik triangulasi sumber diantaranya wawancara dan dokumentasi Adapun sumbernya adalah guru bimbingan dan konseling dan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini menujukkan bahwa dari pelaksanaan konseling individu yang telah dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar, terdapat perbedaan terhadap siswa yaitu sebelum mendapat layanan konseling individu siswa memiliki indicator kesulitan belajar yang berbeda, Dimana peserta didik menujukkan prestasi belajar yang rendah atau dibawah rata-rata yang dicapai oleh kelompok siswa dikelas, hasil belajar tidak sesuai dengan usaha yang dilakukan, menuhukkan sikap yang kurang ajar, menuhukkan tingkah laku yang berlebihan, dan lambat melakukan tugas-tugas belajar. Namun setelah mendapat layanan konseling individu siswa menjadi pribadi yang mengarah kearah yang lebih baik, berhasil mencapai tujuan belajarnya, iv mengalami peningkatan nilai dari hasil belajarnya, serta prestasi belajar meningkat, serta perasaan lebih terbuka terhadap guru bimbingan dan konseling dalam layanan konseling individu. Langkah�langkah pelaksanaan konseling individu dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 atap 1 candipuro Lampung Selatan, guru BK menggunakan tiga tahap yang pertama konseling tahap ini terjadi sejak klien menemui konselor hingga bejalan proses konseling sampai konselor dan klien menemukan definisi masalah klien atas dasar isu kepedulian, atau masalah klien, konseling tahap ini mulai dari definisi masalah klien yang disepakati pada tahap awal,dan tahap akhir. Hasil dari pelaksanan konseling individu dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri Satu atap 1 candipuro oleh guru bimbingan dan konseling siswa terjadi perubahan belajar pada siswa. Siswa memiliki semangat semakin tinggi dalam belajar sehingga prestasinya mulai membaik setelak di laksanakanya layanan konseling individu oleh guru bimbingan dan konseling. Kemudian siswa menjadi lebih rajin belajar, memperhatikan guru saat menjelaskan materi dan sudah belajar memahami dan fokus terhadap Pelajaran yang diberikan oleh guru. Kata Kunci : Layanan Konseling Idividu dan Kesulitan Belajar v ABSRACK The author took the title "implementation of individual counseling services in overcoming learning difficulties for class VIII students at One Roof 1 Candipuro Lampung Selatan Public Middle School." This research aims to describe individual counseling services in overcoming student learning difficulties, class VIII SMP Negeri One Roof 1 Candipuro Lampung Selatan to find out the implementation of individual counseling services, to find out the obstacles experienced by guidance teachers and counseling and factors causing learning difficulties, as well as knowing the results of implementing individual counseling services in overcoming learning difficulties for class VIII students at SMP Negeri One Roof 1 Candipuro Lampung Selatan. Learning difficulties can be interpreted as a condition where, competence or achievement achieved is not in accordance with the standard criteria that have been applied. Wati and Muhsin learning difficulties are a condition where students cannot learn normally, due to threats, obstacles or disruptions in learning Research I is descriptive in nature and is included in the type of qualitative research using data collection techniques in the form of interviews and documentation. There were 4 students out of 25 students in class VIII. Students who have learning difficulties have difficulty understanding lessons. Can't focus on the material being explained, can't read and often acts to disturb friends in class. There are types of students who experience obstacles in the learning process. So students get low achievement. The author validated the data using source triangulation techniques including interviews and documentation. The sources were guidance and counseling teachers and students. Based on the results of this research, it shows that from the implementation of individual counseling that has been carried out by guidance and counseling teachers in overcoming learning difficulties, there are differences in students, namely before receiving individual counseling services, students have different indicators of learning difficulties, Where students show learning achievements that are low or below the average achieved by the group of students in the class, learning outcomes do not correspond to the efforts made, show a disrespectful attitude, show excessive behavior, and are slow in carrying out learning tasks. However, after receiving individual counseling services, students become individuals who lead in a better direction, succeed in achieving their learning goals, experience an increase in the value of their learning outcomes, and increase learning vi achievement, as well as feeling more open towards guidance and counseling teachers in individual counseling services. . Steps for implementing individual counseling in overcoming learning difficulties for class VIII students at SMP Negeri 1 Roof 1 Candipuro, South Lampung. The guidance and counseling teacher uses three stages. The first stage of counseling occurs from the time the client meets the counselor until the counseling process continues until the counselor and client find a definition of the client's problem. basic issue of concern, or client problem, this stage of counseling starts from the definition of the client's problem which was agreed upon at the initial stage, and at the final stage. The results of the implementation of individual counseling in overcoming the learning difficulties of class VIII students at One Roof 1 Candipuro State Middle School by the student guidance and counseling teacher resulted in changes in students' learning. Students have increased enthusiasm for learning so that their achievements begin to improve after the implementation of individual counseling services by guidance and counseling teachers. Then students become more diligent in studying, pay attention to the teacher when explaining the material and have learned to understand and focus on the lessons given by the teacher. Keywords: Individual Counseling Services and Learning Difficulties

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Aug 2024 06:46
Last Modified: 05 Aug 2024 06:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34413

Actions (login required)

View Item View Item