MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR TAHAP PRA OPERASIONAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN BRAIN GYM DI TK HIP HOP BANDAR LAMPUNG

Nadia, Aina Putri (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR TAHAP PRA OPERASIONAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN BRAIN GYM DI TK HIP HOP BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI NADIA AINA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir anak usia dini tahap pra operasional di TK Hip Hop Bandar Lampung dengan menggunakan metode Brain Gym. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah pengaruh kegiatan senam otak (BrainGym) dapat meningkatkan kemampuan berfikir anak usia dini di TK Hip Hop Bandar Lampung? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemapuan berpikir anak usia dini dengan kegiatan senam otak (BrainGym).yang melatar belakangi penelitian ini adalah kurangnya anak dalam berkonsentrasi,memecahkan masalah dan ide ide baru. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak TK Hip Hop dengan jumlah 12 anak yang terdiri dari 5 laki-laki dan 7 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi anak. Data yang terkumpul kemudian dianalisis, dengan menggunakan rumus presentase. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh hasil terjadi peningkatan pada setiap siklus dan pada siklus II semua anak berkembang sangat baik dari setiap aspek yang dinilai. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa dalam meningkatkan kemampuan berfikir dengan menggunakan metode brain gym meningkat. Peningkatan dapat dilihat pada data pra penelitian dari 12 anak yang berkembang sangat baik belum ada, setelah melakukan tindakan pada siklus I berkembang sangat baik (SB) ada 2 anak 16,6%. Pada siklus II yang berkembang sangat baik (SB) ada 10 anak 83,3%. Penelitian ini dihentikan sampai siklus II karena sudah memenuhi standar keberhasilan yang telah diterapkan sebelumnya yaitu anak berkembang sangat baik mencapai 75%.Hal ini sudah sesuai harapan, karena indikator untuk kemampuan berbicara anak adalah berkembang sangat baik >75%. Oleh karena nilai kriteria keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan telah berhasil, maka penelitian dihentikan pada siklus II. Hal ini menunjukan bahwa penerapan metode Brain Gym dalam meningkatkan kemampuan berfikir anak di Hip Hop Bandar Lampung telah meningkat dari tahap pra siklus, siklus I, siklus II dan telah berhasil mencapai hasil kriteria keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan. Kata Kunci:Metode Brain Gym, Kemampuan Berfikir iii ABSTRACT This research aims to improve the thinking abilities of early childhood in the pre-operational stage at Bandar Lampung Hip Hop Kindergarten using the Brain Gym method. The formulation of the research problem is: Can the influence of brain exercise activities (BrainGym) improve the thinking abilities of young children in Bandar Lampung Hip Hop Kindergarten? The aim of this research is to improve the thinking abilities of young children with brain gym activities (BrainGym). The background to this research is the lack of children in concentrating, solving problems and coming up with new ideas. This research was conducted using a Classroom Action Research (PTK) design. The subjects in this study were 12 Hip Hop Kindergarten children consisting of 5 boys and 7 girls. The data collection technique uses child observation sheets. The collected data is then analyzed using a percentage formula. Based on the results of data processing, the results showed that there was an increase in each cycle and in cycle II all children developed very well in every aspect assessed. Based on the research results, it shows that improving thinking skills using the brain gym method increases. The improvement can be seen in the pre-research data of 12 children who were developing very well, but after taking action in cycle I, developing very well (SB), there were 2 children, 16.6%. In cycle II, there were 10 children who developed very well (SB), 83.3%. This research was stopped until cycle II because it had met the success standards that had been applied previously, namely that children developed very well, reaching 75%. This was in line with expectations, because the indicator for children's speaking ability was that children developed very well >75%. Because the criteria for the success of the action that had been determined had been successful, the research was stopped in cycle II. This shows that the application of the Brain Gym method in improving children's thinking abilities in Hip Hop Bandar Lampung has improved from the pre�cycle, cycle I, cycle II stages and has succeeded in achieving the success criteria for the actions that have been determined. Keywords: Brain Gym Method, Thinking Ability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:56
Last Modified: 05 Aug 2024 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34399

Actions (login required)

View Item View Item