KOMUNIKASI DAKWAH DA’I DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MAD’U (TKA/TPA) BABUL JANNAH JAGABAYA III, BANDAR LAMPUNG

Fajar, Aprilian (2024) KOMUNIKASI DAKWAH DA’I DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MAD’U (TKA/TPA) BABUL JANNAH JAGABAYA III, BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi merupakan bagian yang paling penting dalam kehidupan sehari-hari. Dalam berkomunikasi memiliki beberapa bentuk antara lain, komunikasi intrapersonal, komunikasi antarpersonal, komunikasi kelompok dan komunikasi massa. Perlu disadari bahwa peran komunikasi sangat penting dalam kehidupan bersosialisasi, bahkan dalam kegiatan belajar mengajar. Pola komunikasi dakwah langsung dan tidak langsung yang digunakan Da’I (Guru Agama) dalam pembinaan karakter terhadap Mad’u (Murid) merupakan sebuah komuikasi yang sangat penting dalam menyampaikan pesannya kepada para murid tersebut. Banyak sekali fenomena-fenomena yang terjadi di Taman Pendidikan Kanak�Kanak Al-Qur’an mengenai anak-anak dalam berfikir dan bersikap lain dengan yang diajarkan oleh gurunya. Bahwasanya tujuan guru dalam kegiatan belajar mengajar adalah untuk dapat mencerdaskan dan meningkatkan kualitas murid mereka. Maka hal itu dipermasalahkan dalam proses berkomunikasi yang disampaikan oleh guru kepada muridnya. Sebagai seorang Da’I yang menyampaikan ajaran Islam, rumusan masalah yang digunakan adalah (1) Bagaimana komunikasi dakwah Da’I (guru) dalam membentuk karakter Mad’u (Murid) di TKA/TPA BABUL JANNAH Jagabaya III, Bandar Lampung? (2) Proses komunikasi dakwah Da’I (guru) dalam membentuk karakter Mad’u (Murid) di TKA/TPA BABUL JANNAH Jagabaya III, Bandar Lampung? (3) Keefektifan komunikasi dakwah yang dilakukan oleh Da’I (guru) dalam membentuk karakter Mad’u (Murid) di TKA/TPA BABUL JANNAH Jagabaya III, Bandar Lampung? Adapun tujuan penelitian ini dilakukan antara lain, (1) Untuk mengetahui Bagaimana komunikasi dakwah Da’I (guru) dalam membentuk karakter Mad’u (Murid) di TKA/TPA BABUL JANNAH Jagabaya III, Bandar Lampung. (2) Untuk mengetahui proses komunikasi dakwah Da’I (guru) dalam membentuk karakter Mad’u (Murid) di TKA/TPA BABUL JANNAH Jagabaya III, Bandar Lampung. (3) Untuk mengetahui keefektifan komunikasi dakwah yang dilakukan oleh Da’I (guru) dalam membentuk karakter Mad’u (Murid) di TKA/TPA BABUL JANNAH Jagabaya III, Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) bersifat kualitatif deskriptif yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis dengan mengangkat yang ada dilapangan. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode interview, metode observasi, dan metode dokumentasi untuk analisis data penulis menggunakan analisis kualitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan komunikasi dakwah yang digunakan oleh Da’I (Guru) dalam membina karakter anak di TKA/TPA Babul Jannah adalah komunikasi satu arah, Komunikasi dua arah, dan komunikasi banyak arah/kelompok kecil. Indikasi ini dilihat dari guru menyampaikan kepada murid dan didengarkan dengan seksama pesan yang disampaikan oleh guru. Dalam hal tersebut timbulah feedback atau umpan balik dari murid. Dalam pelaksanaan penyampaiannya terdapat pola komunikasi yang efektif, ini dilihat dari seorang guru yang sudah menyiapkan rencana kegiatan pembelajaran sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai oleh seorang guru (Da’i) untuk para muridnya (Mad’u). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Komunikasi dakwah yang digunakan oleh Da’I (Guru) dalam membina karakter Mad’u (Murid), sudah tercipta dengan baik dan efektif karena dapat dilihat dari tingkat kedisiplinan dan tanggung jawab mereka yang sudah menerapkan karakter yang baik di lingkungan sekitar. Dan juga didukung dengan kegiatan-kegiatan yang mendukung dalam membina karakter. Kata Kunci : Komunikasi Dakwah Da’I Dalam Pembentukan Karakter Mad’u. ABSTRACT Communication is the most important part of everyday life. Communication has several forms, including intrapersonal communication, interpersonal communication, group communication and mass communication. It is necessary to realize that the role of communication is very important in social life, even in teaching and learning activities. The direct and indirect communication patterns used by Da'I (Religious Teachers) in character building towards Mad'u (Students) are very important communications in conveying their messages to these students. There are many phenomena that occur in the Al�Qur'an Kindergarten regarding children thinking and behaving differently from what is taught by their teachers. That the goal of teachers in teaching and learning activities is to be able to educate and improve the quality of their students. So this is a problem in the communication process conveyed by teachers to their students. As a Da'I who conveys Islamic teachings, the problem formulation used is (1) How does Da'I (teacher) preach communication in forming the character of Mad'u (students) at TKA/TPA BABUL JANNAH Jagabaya III, Bandar Lampung? (2) The communication process of Da'I (teacher) preaching in forming the character of Mad'u (student) at TKA/TPA BABUL JANNAH Jagabaya III, Bandar Lampung? (3) The effectiveness of da'wah communication carried out by Da'I (teachers) in forming the character of Mad'u (students) at TKA/TPA BABUL JANNAH Jagabaya III, Bandar Lampung? The objectives of this research include, (1) To find out how Da'I (teacher) preaching communication in forming the character of Mad'u (students) at TKA/TPA BABUL JANNAH Jagabaya III, Bandar Lampung. (2) To find out the communication process of Da'I (teacher) preaching in forming the character of Mad'u (student) at TKA/TPA BABUL JANNAH Jagabaya III, Bandar Lampung. (3) To determine the effectiveness of da'wah communication carried out by Da'I (teachers) in forming the character of Mad'u (students) at TKA/TPA BABUL JANNAH Jagabaya III, Bandar Lampung. This research is field research(field research) it is descriptive qualitative, namely research carried out systematically by taking what is in the field. The data collection methods that the author uses are interview methods, observation methods, and documentation methods for data analysis. The author uses qualitative analysis. From the results of research conducted, the da'wah communication used by Da'I (Teachers) in developing children's character at TKA/TPA Babul Jannah is two-way communication. This indication is seen from the teacher conveying it to the students and listening carefully to the message conveyed by the teacher. In this case, feedback arises from students. In the implementation of the delivery there is an effective communication pattern, this can be seen from a teacher who has prepared a learning activity plan in accordance with the goals that a teacher (Da'i) wants to achieve for his students (Mad'u). From the research results it can be concluded that the da'wah communication used by Da'I (Teachers) in developing the character of Mad'u (Students), has been created well and effectively because it can be seen from the level of discipline and responsibility of those who have implemented good character in surrounding environment. And it is also supported by activities that support character development. Keywords: Da'I Da'wah Communication in Mad'u Character Formation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:43
Last Modified: 02 Aug 2024 03:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34374

Actions (login required)

View Item View Item