HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DAN KECENDERUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG

Anggi, Aditia (2024) HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DAN KECENDERUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB  1 DAN 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ANGGI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dan kecenderungan kecanduan game online dengan prokrastinasi akademik pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kontrol diri dan kecenderungan kecanduan game online terhadap prokrastinasi akademik siswa, terdapat hubungan antara kontrol diri terhadap prokrastinasi akademik siswa, terdapat hubungan antara kecenderungan kecanduan game online terhadap prokrastinasi akademik siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 12 Bandar Lampung sebanyak 649 orang, sampel diambil menggunakan teknik purpossive sampling sebanyak 60 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala prokrastinasi akademik, Skala Kontrol diri, dan Skala Kecenderungan kecanduan game online. Skala prokrastinasi akademik berjumlah 24 aitem dengan nilai α=0.943 , Skala kontrol diri berjumlah 25 aitem dengan nilai α=0.937, dan skala kecenderungan kecanduan game online berjumlah 26 aitem dengan nilai α=0.930. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis berganda dua prediktor dengan bantuan sofware JASP. Berdasarkan hasil analisis pertama didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan antara kontrol diri dan kecenderungan kecanduan game online dengan prokrastinasi akademik siswa dengan nilai R = 0.496 dan nilai F = 9.318 dengan taraf signifikan p < 0.01, Sumbangan efektif sebesar 0.246. Hasil analisis kedua menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik siswa nilai koefesien korelasi (rx1-y) = -0.188. Hasil analisis ketiga menunjukan terdapat hubungan antara kecenderungan kecanduan game online dengan prokrastinasi akademik siswa dengan koefisien korelasi (rx2-y) = 0.475 dengan nilai p= <.001 dengan sumbangan efektif sebesar 21.9%. Kata Kunci: Prokrastinasi Akademik, Kontrol Diri, Dan Kecenderungan Kecanduan Game Online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:57
Last Modified: 01 Aug 2024 07:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34363

Actions (login required)

View Item View Item