MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN LUDO DI TK NURUL ISLAM LAMPUNG BARAT

Amini, Misbah (2024) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN LUDO DI TK NURUL ISLAM LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI AMINI MISBAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Proses pembelajaran masih mengalami gangguan pada sosial emosionalnya seperti ada anak yang suka menangis didalam kelas, tidak mau bergaul dengan temannya, egosentris seperti ingin menang sendiri, sering marah jika keinginannya tidak diikuti oleh guru, pemalu dan marah ketika kalah dalam permainan dan media permainan yang diguanakan dalam memngembangkan sosial emosional anak masi kurang seperti menggunakan permainan sederhana yang ada di sekolah seperti permainan boneka tangan.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan sosial emosional anak melalui permainan ludo. Subjek penelitian ini menggunakan anak di TK Nurul Islam Lampung Barat, yang berjumlah 12 anak dengan usia 5-6 tahun, sampel penelitian ini berjumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan ludo dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini di TK Nurul Islam Lampung Barat, pada hasil prapenelitian dari 12 orang anak, yang Belum berkembang BB ada 7 anak dengan Presentase 58,33%, anak yang Mulai Berkembang (MB) ada 4 anak dengan presentase 8,33%, anak yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 1 dengan presentase 8,33% dan Berkembang Sangat Baik (BSB) (0), peningkatan kemampuan sosial emosional. Pada siklus I, jumlah anak yang belum berkembang (BB) menurun dari 8 anak dengan prsentase (60%) menjadi 0 anak, yang mulai berkembang (MB) menurun dari 6 anak dengan presentase 25%) menjadi 5 anak dengan presentase (41%), yang berkembang sesuai harapan meningkat dari 1 anak menjadi 6 anak dengan presentase (50%), dan yang berkembang sangat baik belum mengalami perubahan. Hasi penelitian pada siklus ke II jumlah anak yang belum berkembang (BB) tetap 0 anak, yang mulai berkembang menjadi 0 anak, yang berkembang sesuai harapan menurun menjadi 2 anak dengan presentase (16%), dan yang berkembang sangat baik meningkat menjadi 10 anak dengan presentase (83%). Dengan demikian, setiap siklus menunjukkan peningkatan yang signifikan.Pada siklus II sudah mencapai target iv yang diharapkan, Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penggunaan permainan ludo memiliki pengaruh positif terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Anak-anak dalam rentang usia tersebut menunjukkan peningkatan dalam perkembangan sosial emosional. Hal ini menunjukkan bahwa permainan ludo dapat menjadi salah satu metode yang efektif dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional pada anak usia prasekolah. Kata Kunci : Perkembangan sosial-emosional, Permainan ludo, Anak Usia Dini, PTK. v ABSTRAC The learning process still experiences disturbances in social emotionality such as children who like to cry in class, do not want to get along with their friends, egocentric like wanting to win alone, often get angry if their wishes are not followed by the teacher, shy and angry when they lose the game and the game media used in developing children's social emotionality is still lacking such as using simple games in schools such as hand puppet games.This study aims to analyze children's social emotional development through ludo games. This type of research uses class action research (PTK). Using the Spiral Research Model by Kemmis Mc.Taggart, this research uses two cycles where each cycle consists of four stages, namely, planning, implementation, observation, and reflection. The subject of this study used children at Nurul Islam Kindergarten West Lampung, totaling 12 children aged 5-6 years, the sample of this study amounted to 12 children. The data collection techniques used were observation, interviews and documentation. The results showed that ludo games in improving the social emotional development of early childhood in Nurul Islam Kindergarten West Lampung, on the results of pre-research from 12 children, who had not developed BB there were 7 children with a percentage of 58.33%, children who started developing (MB) there were 4 children with a percentage of 8.33%, children who developed as expected (BSH) 1 with a percentage of 8.33% and developed very well (BSB) (0), increased social emotional abilities. In cycle I, the number of children who have not developed (BB) decreased from 8 children with a percentage (60%) to 0 children, who are starting to develop (MB) decreased from 6 children with a percentage of 25%) to 5 children with a percentage (41%), who developed as expected increased from 1 child to 6 children with a percentage (50%), and those who developed very well have not changed. The results of research in cycle II the number of children who have not developed (BB) remains 0 children, who are starting to develop to 0 children, who are developing as expected decreased to 2 children with a percentage (16%), and those who are developing very well increased vi to 10 children with a percentage (83%). Thus, each cycle shows a significant increase. In cycle II, it has reached the expected target, Based on the research conducted, the use of ludo games has a positive influence on the social emotional development of children aged 5-6 years. Children in that age range show an increase in social emotional development. This shows that ludo games can be one of the effective methods in improving social emotional development in preschool children. Keywords: Social-emotional development, Ludo game, Early childhood, PTK .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:16
Last Modified: 01 Aug 2024 04:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34344

Actions (login required)

View Item View Item