PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS X MATERI PROTISTA SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG

Sari, Vivi Noviana (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS X MATERI PROTISTA SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan peneliti lakukan di SMA Negeri 15 Bandar Lampung guru tidak pernah melakukan kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran advance organizer, model pembelajaran advance organizer melatih peserta didik untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis merupakan hal yang penting untuk dicapai dalam pembelajaran, karena berpikir kritis merupakan bagian dari pemikiran tingkat tinggi. Berpikir kritis juga dapat melatih peserta didik untuk bersikap ilmiah dalam pembelajaran misalnya rasa ingin tahu, dapat bekerja sama dan bersikap skeptis (peserta didik tidak mudah percaya terhadap kesimpulan, yaitu saat bukti-bukti baru yang dapat mengubah kesimpulannya tersebut). Dalam rumusan masalah penelitian ini adalah “Adakah pengaruh model pembelajaran advance organzer terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X SMAN 15 Bandar Lampung dan adakah pengaruh model pembelajaran advance organizer terhadap sikap ilmiah peserta didik kelas X SMAN 15 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental design dengan rancangan posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAN 15 Bandar Lampung. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang dipilih dengan teknik acak kelas, yaitu kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran advance organizer dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan model direct instruction (model pembelajaran langsung). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk uraian untuk mengukur keterampilan berpikir kritis dan untuk mengukur sikap ilmiah menggunakan lembar skala sikap ilmiah. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran advance organizer terhadap keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah biologi peserta didik kelas X di SMAN 15 Bandar Lampung. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan menggunakan independent T-test diperoleh tingkat signifikan 0,000 < α = 0,05. Sehingga H 0 ditolak dan H diterima. 1 Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Model pembelajaran advance organizer, Sikap Ilmiah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 13 Mar 2017 01:50
Last Modified: 13 Mar 2017 01:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/343

Actions (login required)

View Item View Item