IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI TK ISLAM AL BARA BANDAR LAMPUNG

DWI, MUSLIMAH KUSUMANINGRUM (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI TK ISLAM AL BARA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK TK Islam Al Bara ditemukan bahwa anak memiliki kategori naik (B) anak dapat mengenal bilangan, warna dan beberapa bentuk geometri sebanyak 38,46%, sedangkan anak yang memiliki kategoru cukup (C) anak dapat mengenal bilangan, dan warna tetapi belum mengenal bentuk terdapat 46.15%, selanjutnya anak yang memiliki kategori kurang (K) anak belum mengenal bilangan, warna dan beberapa bentuk geometri sebanyak 15,38%. Metode penelitain ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan deskriptif kualitatif pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi Teknik keabsahan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitiannya ialah Perencanaan pembelajaran tematik di TK Islam Al-Bara Bandar Lampung sudah dilakukan dimulai dengan penentuan tema yang dilakukan oleh semua guru diawal tahun pelajaran untuk menentukan tema-tema yang dipilih untuk satu tahun. Tema yang dipilih dibuat kedalam program semeter, RPPM dan kemudian dituangkan ke dalam RPPH, Pelaksanaan pembelajaran tematik di TK Islam Al-Bara Bandar Lampung sudah sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran tematik yaitu kedekatan tema dengan kehidupan anak, kemenarikan tema menarik bagi anak, kesederhanaan tema sederhana bagi anak dan tema isendental dalam pembelajaran. Guru mempunyai strategi dalam melaksanakan pembelajaran tematik terutama untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak misalnya dengan membuat kegiatan�kegiatan yang dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak agar anak dapat dengan mudah dalan kegiatan yang bisa mengasah kognitif anak. Dalam pelaksanaannya memiliki perencanaan yang efektif, karena perencana yang efektif dapat membantu guru untuk melihat perkembangan yang terjadi pada anak tersebut. Strategi yang dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak yaitu melalui kegiatan Berhitung, Bernyanyi, Latihan (Pemberian Tugas), Berulang-Ulang, Dan Tanya Jawab, Penilaian pembelajaran tematik di TK Islam Al�Bara Bandar Lampung menggunakan penilaian percakapan, observasi, penugasan project, hasil karya anak, skala capaian perkembangan anak dan anekdot. Terdapatt kendala atau kekurangan dalam implementasi pembelajaran tematik terutama dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak yaitu pembelajaran tematik membutuhkan persiapan yang dilakukan pendidik lebih lama. Menuntut penyediaan alat, bahan, sarana, dan prasarana dari berbagai mata pelajaran secara serentak. Kemudian dalam pelaksanaanya dalam pembelajaran anak TK larut dalam permainannya sehingga lupa akan pembelajarannya, adanya iii anak yang suka mengganggu teman ketika pembelajaran berlangsung, adanya anak yang tidak betah didalam kelas, dan adanya anak yang susah menerima pelajaran. Kata kunci: Pembelajaran, Tematik, Kognitif iv ABSTRACT Al Bara Islamic Kindergarten found that children in the ascending category (B) could recognize numbers, colors and some geometric shapes as much as 38.46%, while children who had a moderate category (C) could recognize numbers and colors but did not yet recognize the shapes. 46.15%, then children who have a less than adequate category (K), children who do not know numbers, colors and some geometric shapes, are 15.38%. This research method uses a qualitative approach with qualitative descriptive data collection, researchers use observation, interviews and documentation. The technique for validating the data in this research is using triangulation techniques. The results of the research are that thematic learning planning at the Al-Bara Bandar Lampung Islamic Kindergarten has been carried out starting with determining the theme which is carried out by all teachers at the beginning of the school year to determine the themes chosen for one year. The chosen theme is made into a semester program, RPPM and then included in the RPPH. The implementation of thematic learning at the Al-Bara Bandar Lampung Islamic Kindergarten is in accordance with the principles of thematic learning, namely the closeness of the theme to the child's life, the attractiveness of the theme for children, the simplicity of the theme. simple for children and incidental themes in learning. Teachers have strategies for implementing thematic learning, especially to improve children's cognitive abilities, for example by creating activities that can improve children's cognitive development so that children can easily participate in activities that can sharpen children's cognitive abilities. In its implementation, it has an effective plan, because an effective planner can help the teacher to see the development that occurs in the child. Strategies that can develop children's cognitive abilities are through counting, singing, practice (assignment), repetition, and questions and answers. Assessment of thematic learning at the Al-Bara Islamic Kindergarten in Bandar Lampung using conversation assessment, observation, project assignments, work results. children, child development achievement scale and anecdotes. There are obstacles or shortcomings in implementing thematic learning, especially in developing children's cognitive abilities, namely that thematic learning requires more preparation by educators. Demand the provision of tools, materials, facilities and infrastructure for various subjects simultaneously. Then in its implementation in learning, kindergarten children are so engrossed in their games that they forget v about their learning, there are children who like to disturb their friends when learning is taking place, there are children who don't feel at home in class, and there are children who have difficulty accepting lessons. Keywords: Learning, Thematic, Cognitive

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Jul 2024 07:06
Last Modified: 30 Jul 2024 07:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34276

Actions (login required)

View Item View Item