MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SEKOLAH DASAR ISLAM KURIKULUM TERPADU (SDIKT) ROBBI RODHIYA DI KOTA BANDAR LAMPUNG

LAILATUL, UDHHIYAH (2024) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SEKOLAH DASAR ISLAM KURIKULUM TERPADU (SDIKT) ROBBI RODHIYA DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of TESIS FULL LAILATUL UDHHIYAH FIX TANPA BAB 3-4-5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of TESIS FULL LAILATUL UDHHIYAH FIX.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Islam Kurikulum Terpadu Robbi Rodhiya. Salah satu masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah manajemen pendidikan karakter pada peserta didik. Tujuan penulisan ini adalah untuk menganalisis, Manajemen pendidikan karakter untuk siswa di Sekolah Dasar Islam Kurikulum Terpadu Robbi Rodhiya mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Wawancara, observasi, triangulasi, dan studi dokumentasi adalah metode pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tiga sumber data yang terlibat termasuk guru, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, wakil kepala kurikulum, wakil kepala kesiswaan, wakil kepala sarana dan prasarana, dan wakil kepala bidang kurikulum. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa penyelenggaraan pedidikan karakter pada siswa terintegrasi di setiap kegiatan sekolah, melalui tiga jalur utama yaitu: kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan pembudayaan atau pembiasaan. Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan adalah tahap manajemen pendidikan karakter. Pada awal tahun ajaran baru, tahap perencanaan dimulai. Tahap ini dibuat berdasarkan visi dan misi sekolah, melibatkan semua guru, dimasukkan ke dalam kurikulum 2013, disosialisasikan kepada seluruh warga sekolah, dan memasukkan nilai-nilai karakter ke dalam perencanaan pembelajaran. Tahap kedua adalah pengorganisasian, di mana struktur organisasi sekolah dibuat dan kegiatan ekstrakurikuler disusun. Ketiga, dalam kegiatan pembelajaran, pembentukan karakter mencakup membuat siswa mengenal, memahami, dan menginternalisasi prinsip-prinsip karakter dan menjadikannya perilaku. Tujuan pembentukan karakter dapat dicapai melalui kegiatan ekstrakurikuler dengan mengamankan prinsip-prinsip karakter dalam setiap kegiatan. Selain itu, kegiatan pembudayaan atau pembiasaan membantu menciptakan suasana atau lingkungan yang berkarakter di sekolah. Di antara empat tahap pengawasan, semua elemen sekolah terlibat, diamati perilaku siswa, dan dinilai pencapaian perkembangan karakter melalui penilaian akademik, yaitu nilai raport siswa. Kata Kunci : Manajemen, Pendidikan, Pendidikan Karakter. vi ABSTRACT This research was conducted at the Robbi Rodhiya Integrated Curriculum Islamic Elementary School. One of the problems raised in this research is the management of character education for students. The purpose of this writing is to analyze, Management of character education for students at the Robbi Rodhiya Integrated Curriculum Islamic Elementary School including planning, organizing, implementing and supervising. This research uses qualitative descriptive analysis. Interviews, observation, triangulation, and documentation studies are data collection methods. The results of this research show that the three data sources involved include teachers, principals, deputy principals, deputy heads of curriculum, deputy heads of student affairs, deputy heads of facilities and infrastructure, and deputy heads of curriculum. This research also shows that the implementation of character education for students is integrated in every school activity, through three main channels, namely: learning activities, extracurricular activities, and acculturation or habituation. Planning, organizing, implementing and supervising are the management stages of character education. At the start of the new school year, the planning stage begins. This stage was created based on the school's vision and mission, involved all teachers, was included in the 2013 curriculum, socialized to all school members, and incorporated character values into learning planning. The second stage is organizing, where the school's organizational structure is created and extracurricular activities are arranged. Third, in learning activities, character formation includes making students recognize, understand, and internalize character principles and turn them into behavior. The goal of character building can be achieved through extracurricular activities by securing the principles of character in each activity. Apart from that, cultural or habituation activities help create an atmosphere or environment with character at school. Between the four stages of supervision, all school elements are involved, student behavior is observed, and character development achievements are assessed through academic assessments, namely student report cards. Keywords: Management, Education, Character Education. vii خالصخ تُ ئجشاء هزا اٌجحج فٍ ِذسسخ سوثٍ سودَب االثتذائُخ اإلسالُِخ راد إٌّهج اٌّتىب.ًِ ئحذي اٌّشىالد اٌتٍ أحُشد فٍ هزا اٌجحج هٍ ئداسح تعٍُُ اٌشخصُخ ٌٍطالة. اٌغشض ِٓ هزٖ اٌىتبثخ هى تحًٍُ وئداسح تعٍُُ اٌشخصُخ ٌٍطالة فٍ ِذسسخ سوثٍ سودَب االثتذائُخ اإلسالُِخ راد إٌّهج اٌّتىبًِ ثّب فٍ رٌه اٌتخطُظ واٌتٕظُُ واٌتٕفُز واإلششاف. َستخذَ هزا اٌجحج اٌتحًٍُ اٌىصفٍ إٌىع.ٍ تعتجش اٌّمبثالد واٌّالحظخ واٌتخٍُج ودساسبد اٌتىحُك ِٓ طشق جّع اٌجُبٔبد. تظهش ٔتبئج هزا اٌجحج أْ ِصبدس اٌجُبٔبد اٌخالحخ اٌّعُٕخ تشًّ اٌّعٍُّٓ وِذَشٌ اٌّذاسس ؤىاة اٌّذَشَٓ ؤىاة سئُس إٌّبهج ؤىاة سئُس شإوْ اٌطالة ؤىاة سئُس اٌّشافك واٌجُٕخ اٌتحتُخ ؤىاة سئُس إٌّبهج. وَجُٓ هزا اٌجحج أَ ًضب أْ تٕفُز اٌتشثُخ اٌشخصُخ ٌٍطالة َتىبًِ فٍ وً ٔشبط ِذسس،ٍ ِٓ خالي حالث لٕىاد سئُسُخ، وه:ٍ أٔشطخ اٌتع،ٍُ واألٔشطخ اٌالِٕهجُخ، واٌتخبلف أو اٌتعىد. اٌتخطُظ واٌتٕظُُ واٌتٕفُز واإلششاف هٍ اٌّشاحً اإلداسَخ ٌتعٍُُ اٌشخصُخ. ِع ثذاَخ اٌعبَ اٌذساسٍ اٌجذَذ تجذأ ِشحٍخ اٌتخطُظ. تُ ئٔشبء هزٖ اٌّشحٍخ ثٕب ًء عًٍ سؤَخ اٌّذسسخ وسسبٌتهب، وشبسن فُهب جُّع اٌّع،ٍُّٓ وتُ ئدساجهب فٍ ِٕهج ،3102 وتُ تعُّّهب عًٍ جُّع أعضبء اٌّذسسخ، ودِج اٌمُُ اٌشخصُخ فٍ اٌتخطُظ ٌٍتع.ٍُ اٌّشحٍخ اٌخبُٔخ هٍ األٔشطخ اٌالِٕهجُخ. حبٌخً اٌتٕظ،ُُ حُج َتُ ئٔشبء اٌهُىً اٌتٕظٍُّ ٌٍّذسسخ وتشتُت ب، فٍ أٔشطخ اٌتع،ٍُ َتضّٓ تىىَٓ اٌشخصُخ جعً اٌطالة َتعشفىْ عًٍ ِجبدئ اٌشخصُخ وَفهّىٔهب وَستىعجىٔهب وَحىٌىٔهب ئًٌ سٍىن. َّىٓ تحمُك هذف ثٕبء اٌشخصُخ ِٓ خالي األٔشطخ اٌالِٕهجُخ ِٓ خالي تأُِٓ ِجبدئ اٌشخصُخ فٍ وً ٔشبط. وثصشف إٌظش عٓ رٌه، تسبعذ األٔشطخ اٌخمبفُخ أو أٔشطخ اٌتعىد عًٍ خٍك جى أو ثُئخ راد طبثع خبص فٍ اٌّذسسخ. ثُٓ ِشاحً اإلششاف األسثع، َتُ ئششان جُّع عٕبصش اٌّذسسخ، وِالحظخ سٍىن اٌطالة، وتمُُُ ئٔجبصاد تُّٕخ اٌشخصُخ ِٓ خالي اٌتمُُّبد األوبدَُّخ، وهٍ ثطبلبد تمشَش اٌطبٌت. اٌىٍّبد اٌّفتبحُخ: اإلداسح، اٌتع،ٍُُ تعٍُُ اٌشخصُخ.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:19
Last Modified: 30 Jul 2024 03:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34239

Actions (login required)

View Item View Item