PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS XII DI SMA NEGERI 02 BUAY BAHUGA WAY KANAN LAMPUNG TAHUN AJARAN 2023/2024

Irma, Nursafitri (2024) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS XII DI SMA NEGERI 02 BUAY BAHUGA WAY KANAN LAMPUNG TAHUN AJARAN 2023/2024. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kematangan karir merupakan kesiapan individu untuk membuat keputusan karir dan kesiapan individu membuat pilihan yang tepat. Di masa transisi dari pendidikan menengah atas ke dunia kerja, peserta didik kelas XII SMA menghadapi tantangan yang signifikan dalam mengembangkan kematangan karir mereka. Kematangan karir menjadi kunci utama dalam membantu mereka memahami diri sendiri, mengeksplorasi pilihan karir yang sesuai, serta mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja yang semakin kompleks. Namun pada kenyataannya peserta didik kelas XII di SMA Negeri 02 Buay Bahuga Way Kanan Lampung terlihat keraguan dalam menentukan studi lanjut maupun bekerja, merasa tidak percaya diri dengan perencanaan karirnya, belum mengetahui informasi mengenai pekerjaan atapun jurusan studi lanjut yang sesuai, kurangnya pengetahuan mengenai prinsip dan tentang pengambilan keputusan karir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dipilih karena sifatnya yang ilmiah dan terukur. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pre-test Post-Test design karena tidak melibatkan kelompok kontrol. Teknik sampling yang diterapkan adalah purposive sampling, di mana sampel dipilih berdasarkan kriteria tertentu yang ditetapkan oleh peneliti. Data dikumpulkan melalui angket kematangan karir, observasi, dan wawancara. Sebanyak 10 peserta didik yang memiliki tingkat kematangan karir rendah dijadikan sampel penelitian. Sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving adalah sebesar 27,4 dan setelah diberikan treatment mengalami peningkatan menjadi 71,2. Kemudian dibuktikan dengan uji hipotesis yakni uji Wilcoxon menggunakan SPSS 27 for Windows, maka didapatkan hasil nilai Zhitung sebesar -2,803 dengan nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,005 artinya nilai signifikansi 0,005 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Terdapat perbedaan signifikansi anatar hasil sebelum dan sesudah diberikannya treatment layanan bimbingan kelompok teknik iii problem solving. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik problem solving berpengaruh untuk meningkatkan kematangan karir peserta didik kelas XII di SMA Negeri 02 Buay Bahuga Way Kanan Tahun Lampung Ajaran 2023/2024. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Problem Solving, Kematangan Karir iv ABSTRACT Career maturity is an individual's readiness to make career decisions and make the right choices. During the transition from high school to the workforce, 12th-grade students face significant challenges in developing their career maturity. Career maturity is crucial in helping them understand themselves, explore suitable career options, and prepare for entering an increasingly complex workforce. However, in reality, 12th-grade students at SMA Negeri 02 Buay Bahuga Way Kanan Lampung exhibit uncertainty in determining further studies or work, lack confidence in their career planning, are unaware of information regarding suitable jobs or fields of further study, and have insufficient knowledge about principles and decision-making in careers. The method used in this research is quantitative, chosen for its scientific and measurable nature. The research design used is the One Group Pre-test Post-Test design, as it does not involve a control group. The sampling technique applied is purposive sampling, where the sample is selected based on certain criteria set by the researcher. Data were collected through career maturity questionnaires, observations, and interviews. A total of 10 students with low levels of career maturity were used as research samples. Before receiving group guidance services using problem�solving techniques, the score was 27.4, and after the treatment, it increased to 71.2. This was then proven with a hypothesis test, namely the Wilcoxon test using SPSS 27 for Windows, resulting in a Zhitung value of -2.803 with an Asymp.Sig (2-tailed) value of 0.005, meaning the significance value of 0.005 < 0.05, thus Ha is accepted and Ho is rejected. There is a significant difference between the results before and after the treatment of group guidance services using problem-solving techniques. Therefore, it can be concluded that group guidance services using problem�solving techniques have an effect on improving the career maturity v of 12th-grade students at SMA Negeri 02 Buay Bahuga Way Kanan Lampung in the 2023/2024 academic year. Keywords: Group Guidance, Problem Solving, Career Maturity

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jul 2024 04:41
Last Modified: 29 Jul 2024 04:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34227

Actions (login required)

View Item View Item