PENERAPAN KONSEP KESETARAAN GENDER PADA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN DI TK INSAN KAMIL KECAMATAN TANJUNG BINTANG

Nia, Kurnia (2024) PENERAPAN KONSEP KESETARAAN GENDER PADA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN DI TK INSAN KAMIL KECAMATAN TANJUNG BINTANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK NIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Konsep gender tersebut mengacu pada seperangkat sifat, peran, tanggung jawab, fungsi, hak, dan perilaku yang melekat pada diri laki�laki dan perempuan akibat bentukan budaya atau lingkungan tempat manusia itu tumbuh dan dibesarkan. Pada pelaksanaanya beberapa sistem pendidikan tidak bisa dipungkiri masih ada bias gender. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konsep kesetaraan gender pada anak usia dini Tk insan kamil Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten lampung Selatan. Pada penelitian sebelumnya dari observasi yang dilakukan penulis di Tk Insan Kamil Kecamatan Tanjung Bintang peneliti menemukan kasus, “Ketika berbaris sebelum memasuki kelas pemimpin barisan seringkali dilakukan oleh peserta didik laki-laki”. Sehingga dalam masalah tersebut menimbulkan asumsi bahwa di Tk Insan Kamil pendidik masih menganggap peserta didik perempuan lemah. Sehingga terbentuk rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: bagaimana penerapan konsep kesetaraan gender pada anak usia dini melalui permainan di Tk Insan Kamil kecamatan Tanjung Bintang? Penyajian data dalam penelitian kualitatif ini berpedoman pada fakta-fakta yang ditentukan di lapangan. Pada penyajian fakta dan data penelitian ini akan menguraikan data dan hasil penelitian tentang permasalahan yang dirumuskan di bab I, yakni tentang bagaimana penerapan konsep kesetaraan gender pada anak usia dini di Tk Insan Kamil Kecamatan Tanjung Bintang. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan ibu Murni selaku pendidik di Tk Insan Kamil dan memegang kelas A. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk melihat kondisi alami dari suatu fenomena yang terjadi di dalam sekolah tersebut. Pendekatan ini bertujuan memperoleh pemahaman dan informasi secara kompleks. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan konsep kesetaraan gender pada anak usia dini di TK Insan Kamil Desa Purwodadi Simpang Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan digunakan dalam penyampaian pembelajaran akan tetapi secara keseluruhan belum ini menggunakan inklusif gender. Masih ada beberapa perlakuan yang masih bias dan pada penelitian ini ditemukan bahwa Tk tersebut masih menggunakan pembelajaran secara klasikal dan pendidik masih mendominasi keputusan-keputusan iii dalam pembelajaran, terlebih pada saat pembelajaran dengan metode Bermain berlangsung. Kata Kunci: Penerapan, Konsep, Kesetaraan Gender, Anak Usia Dini, Permainan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jul 2024 08:03
Last Modified: 26 Jul 2024 08:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34204

Actions (login required)

View Item View Item