PERAN BADAN KERJASAMA ANTAR DESA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi pada Kecamatan Buay Madang Timur Kabupaten Oku Timur)

DESIANA, PUSPITA SARI (2024) PERAN BADAN KERJASAMA ANTAR DESA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi pada Kecamatan Buay Madang Timur Kabupaten Oku Timur). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DESIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Peran Badan Kerjasama Antar Desa Dalam meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi pada Kecamatan Buay Madang Timur Kabupaten Oku Timur) Oleh : Desiana Puspita Sari Banyaknya desa yang ada di Kecamatan Buay Madang Timur salah satu alasan dibentuknya Badan Kerjasama Antar Desa yaitu untuk mengkoordinasi atau kolaborasi antar desa dalam aktifitas�aktifitas kerjasama. Kemudian badan kerjasama antar desa mempunyai tanggung jawab dalam menjalankan peran sebagai pelopor kerjasama desa. Badan kerjasama antar desa dibentuk guna untuk bekerjasama dengan desa maupun masyarakat dan mampu memberikan kontribusi sehingga terciptanya kerjasama dengan desa lain sebagai salah satu alternatif atau pilihan guna untuk mengoptimalisasi potensi sumber daya desa menjadi efektif dan efisien serta untuk mencegah ketimpangan antar desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Badan Kerjasama Antar Desa dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan untuk mengetahui faktor penghambat Badan Kerjasama Antar Desa dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yaitu field research atau penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini menggunakan teori peran menurut parson yang terdapat 4 indikator yaitu adaptasi, pencapaian tujuan, integrasi, dan pemeliharaan pola. Adapun dalam hal ini peneliti melakukan wawancara untuk mendapatkan jawaban dari masalah yang ada kepada informan-informan. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Buay Madang Timur, Provinsi Sumatera Selatan. Berdasarkan dari keempat indikator teori peran menurut parson pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa program dari Badan kerjasama Antar Desa sudah terlaksana tetapi masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki baik itu dari Badan Kerjasama Antar Desa ataupun dari pengurus BUMDes dikarenakan program yang diselenggarakan Badan Kerjasama Antar Desa belum dapat diikuti oleh seluruh masyarakat karena budidaya ikan lele membutuhkan modal yang cukup besar dan hanya diikuti oleh masyarakat yang mampu sehingga dapat disimpulkan program tersebut belum dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Buay Madang Timur karena dipengaruhi oleh faktor modal. Kata kunci : Badan Kerjasama Antar Desa, BUMDes, dan Kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jul 2024 07:22
Last Modified: 26 Jul 2024 07:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34197

Actions (login required)

View Item View Item