IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAL ALIYAH NEGERI 1 PRINGSEWU

DUROTUL, ALWIYAH (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAL ALIYAH NEGERI 1 PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DUROTUL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRACT In the current educational context, quality education is a necessity. Quality education is a benchmark for determining the ability of educational institutions and systems to empower educational resources according to educational expectations and goals through an efficient educational process. This research aims to describe the implementation of education quality management at MA Negeri 1 Pringsewu on the standards of educators and education staff using the theory of Dr. William Edward Deming. This research uses a descriptive qualitative approach. Data collection was carried out by interviews, observation and documentation. Data validity testing was carried out by source triangulation, technical triangulation, and increased persistence. The results of this research show that 1) Planning for standards for educators and staff is carried out by reviewing the law, carrying out an analysis of teachers who meet the standards, preparing program plans for increasing the standards of educators and education staff, carrying out recruitment that meets standards, collaborating and cooperating in preparing learning design. 2) Implementation of standards for educators and education personnel is carried out by providing encouragement to take part in the PPG program, sending teachers to take part in workshops, seminars, holding training in using computers and internet access, implementing and developing curricula according to the subjects being taught. 3) Evaluation of the standards of educators and education personnel is carried out by submitting an assessment to the madrasah quality assurance team and external quality assurance team, taking part in teacher competitions. 4) Follow�up on standards for educators and education personnel is carried out by providing warnings and warnings to teachers who violate the rules and do not carry out their duties and providing rewards to teachers who excel. The recommendation for this research is to improve teachers' abilities in developing their profession, it is hoped that they can carry out more research, create and publish scientific works in the field of education. Keywords: Management, Quality, Educators, Education Personnel iv ABSTRAK Dalam konteks pendidikan saat ini, pendidikan yang bermutu merupakan suatu keharusan, Pendidikan yang bermutu menjadi tolak ukur untuk mengetahui kemampuan lembaga dan sistem pendidikan dalam memberdayakan sumber daya pendidikan sesuai harapan dan tujuan pendidikan melalui proses pendidikan yang efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen mutu pendidikan di MA Negeri 1 Pringsewu pada standar pendidik dan tenaga kependidikan dengan menggunakan teori dr. William Edward Deming. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi Teknik, dan peningkatan ketekunan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Perencanaan standar pendidik dan tenaga dilaksanakan dengan melakukan pengkajian undang-undang, melaksanakan analisis terhadap guru yang memenuhi standar, menyusun rencana program peningkatan standar pendidik dan tenaga kependidikan, melaksanakan rekruitmen yang telah memenuhi standar, kolaborasi dan kerjasama dalam menyusun rancangan pembelajaran. 2) Pelaksanaan standar pendidik dan tenaga kependidikan dilaksanakan dengan memberi dorongan untuk mengikuti program PPG, mengirim guru untuk mengikuti workshop, seminar, mengadakan pelatihan dalam menggunakan komputer dan akses internet, melaksanakan dan mengembangkan kurikulum sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. 3) Evaluasi standar pendidik dan tenaga kependidikan dilakukan dengan mengajukan penilaian kepada tim penjamin mutu madrasah dan tim penjamin mutu eksternal, mengikuti ajang kompetisi guru. 4) Tindak lanjut standar pendidik dan tenaga kependidikan dilaksanakan dengan memberikan peringatan dan teguran kepada guru yang melanggar aturan dan tidak melaksanakan tugas serta memberikan reward kepada guru-guru yang berprestasi. Rekomendasi untuk penelitian ini yaitu dalam meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan profesi diharapkan bisa lebih banyak melakukan penelitian, menciptakan dan mempublikasikan karya ilmiah pada bidang pendidikan. Kata kunci : Manajemen, Mutu, Pendidik, Tenaga kependidikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:54
Last Modified: 26 Jul 2024 06:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34189

Actions (login required)

View Item View Item