ANALISIS MASLAHAH TENTANG PENERAPAN HADIS PERINTAH MENYEGERAKAN MENIKAH BAGI PEMUDA YANG MAMPU (Studi Pada Pemuda Desa Kalibening Raya Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara)

M., DANIEL TRI WAHYUDI (2024) ANALISIS MASLAHAH TENTANG PENERAPAN HADIS PERINTAH MENYEGERAKAN MENIKAH BAGI PEMUDA YANG MAMPU (Studi Pada Pemuda Desa Kalibening Raya Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER, BAB 1-2, DAPUS).pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Anjuran menyegerakan menikah telah disampaikan oleh Rasulullah Saw. dalam hadisnya. Beragam pemahaman yang kemudian berkembang menimbulkan sudut pandang yang berbeda tentang usia matang pernikahan. Banyak diantara para pemuda yang memilih untuk menunda pernikahan karena belum memiliki kesiapan secara mental maupun materil. Lain halnya dengan para pemuda yang memilih untuk menyegerakan menikah untuk melaksanakan anjuran Rasulullah Saw. tersebut, walaupun secara mental dan materil belum mempunyai persiapan yang matang, sebagaimana yang terjadi pada pemuda di Desa Kalibening Raya. Penelitian ini selanjutnya akan menganalisa secara mendalam urgensi penerapan hadis perintah menyegerakan menikah bagi pemuda yang mampu ditinjau dari aspek nilai-nilai kemaslahatan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah; Bagaimana penerapan hadis perintah menyegerakan menikah bagi pemuda yang mampu di Desa Kalibening Raya, Kecamatan Abung Selatan, Kabupaten Lampung Utara? bagaimana analisis maslahah tentang penerapan hadis perintah menyegerakan menikah bagi pemuda yang mampu di Desa Kalibening Raya, Kecamatan Abung Selatan, Kabupaten Lampung Utara?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan hadis perintah menyegerakan menikah bagi pemuda yang mampu di Desa Kalibening Raya, Kecamatan Abung Selatan, Kabupaten Lampung Utara serta untuk mengetahui analisis maslahah tentang penerapan hadis perintah menyegerakan menikah bagi pemuda yang mampu di Desa Kalibening Raya, Kecamatan Abung Selatan, Kabupaten Lampung Utara. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian penerapan hadis perintah menyegerakan menikah bagi pemuda yang mampu di Desa Kalibening Raya telah sesuai dengan ajaran agama Islam. Hal ini dapat dilihat dari terjaga dan terpeliharanya tujuan-tujuan syara‘, sebagaimana yang telah dirasakan oleh para pemuda yang memilih untuk menyegerakan menikah yakni menjaga dan memelihara agama (hifzh al-dîn), menjaga dan memelihara jiwa (hifzh al-nafs), serta menjaga dan memelihara harta (hifzh al-mal). Kata Kunci : Analisis, Pemuda, Pernikahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jul 2024 03:24
Last Modified: 26 Jul 2024 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34166

Actions (login required)

View Item View Item