PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS N 1 KALIANDA

EKA, PRATIWI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS N 1 KALIANDA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK EKA PRATIWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Mata pelajaran akidah akhlak dalam kurikulum Madrasah Tsanawiyah adalah salah satu bagian dari proses belajar mengajar di MTS N 1 Kalianda. Beberapa masalah yang ditemukan selama proses pembelajaran akidah akhlak berlangsung dikarenakan belum maksimalnya hasil belajar peserta didik terhadap mata pelaran akidah akhlak. Hal tersebut dikarenakan pendidik belum menerapkan model pembelajaran yang bervariasi dalam proses belajar mengajar. Fenomena diatas perlu diadakan rekayasa pembelajaran. Salah satu langkah yang bias dilakukan adalah melalui model pembelajaran Think Pair Share. Berdasarkan latar belakang di atas maka penulis merasa tertarik melakukan penelitian yang berjudul “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs N 1 KALIANDA”. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs. N 1 Kalianda. Penelitian menggunakan jenis penelitian Pra Eksperimen (Pre�experimental design). Teknik sampling dengan menggunakan teknik clauster Random Sampling. Sampel yang diteliti ada dua kelas yaitu kelas VIII A yang menjadi kelas eksperimen dan diberikan tindakan model pembelajaran think pair share dan VIII B yang menjadi kelas control (pembanding). Teknik pengumpulan data dengan tes, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda, uji tingkat kesukaran soal, uji validitas dan reliabiitas, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Piar Share (TPS) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs. N 1 Kalianda. Berdasarkan uji-t diperoleh thitung = 2,4029 dan t tabel = 1,701 pada taraf signifikan α = 5%, thitung > t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar mengalami peningkatan setelah dilakukan posttest. Dengan demikian maka hasil belajar Akidah Akhlak materi sifat tercela yakni sifat hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namimah peserta didik meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi di atas iii menunjukkan bahwa nilai R Square adalah sebesar 0.616, dimana model pembelajaran Think Pair Share (TPS) (X) berpengaruh sebesar 61,6% terhadap variabel hasil belajar (Y). Kata Kunci : Pengaruh, Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar, Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2024 06:57
Last Modified: 25 Jul 2024 06:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34149

Actions (login required)

View Item View Item