IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK YANIKMA SEKAMPUNG UDIK LAMPUNG TIMUR TA 2023/2024

VINA, FAUZIAH (2024) IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK YANIKMA SEKAMPUNG UDIK LAMPUNG TIMUR TA 2023/2024. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKIRPSI CETAK VINA FAUZIAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Motivasi belajar berasal dari dua kata, yaitu motivasi dan belajar. Motivasi dan belajar merupakan dua hal yang saling mempengaruhi. Dalam dunia pendidikan kedua kata tersebut sangat berpengaruh dan memiliki hubungan yang sangat berkesinambungan. Motivasi adalah suatu kondisi dari peserta didik untuk memprakarsai kegiatan, mengatur arah kegiatan itu, dan memelihara kesungguhan. Pada penelitian ini motivasi belajar peserta didik mengalami penurunan yang disebabkan berbagai hal sehingga berdampak pada penurunan prestasi akademik pada peserta didik di SMK Yanikma Sekampung Udik Lampung Timur. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik modeling dalam meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik kelas XI SMK Yanikma Sekampung Udik Lampung Timur tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, data yang dikumpulkan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan guru bimbingan dan konseling yang bertugas serta menangani masalah peserta didik kelas XI SMK Yanikma Sekampung Udik Lampung Timur. Hasil penelitian mengenai pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik modeling dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMK Yanikma Sekampung Udik Lampung Timur adalah sebagai berikut: pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik modeling sudah dilaksanakan oleh guru bimbingan dan konseling di SMK Yanikma Sekampung Udik Lampung Timur yaitu Bapak Agus Suwandi, S.I.Kom.M.Pd. Pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik modeling dalam memingkatkan motivasi belajar peserta didik di SMK Yanikma Sekampung Udik Lampung Timur dilaksanakan empat sesi pertemuan dengan tahap pembentukan, peralihan, kegiatan, dan pengakhiran. Dalam pelaksanaan layanan konseling kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar, peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa guru bimbingan dan konseling tetap melaksanakan dan bertanggung jawab atas pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling dalam meningkatkan motivasi belajar. Kata kunci: layanan bimbingan kelompok, modeling, motivasi belajar iii ABSTRACT Learning motivation comes from two words, namely motivation and learning. Motivation and learning are two things that influence each other. In the world of education, these two words are very influential and have a very continuous relationship. Motivation is a condition of learners to initiate an activity, set the direction of that activity, and maintain sincerity. In this study, students' learning motivation decreased due to various things that had an impact on decreasing academic achievement in students at SMK Yanikma Sekampung Udik East Lampung The purpose to be achieved from this study is to determine the implementation of counselling guidance services with modeling techniques in increasing learning motivation in grade XI students of SMK Yanikma Sekampung Udik East Lampung for the 2023/2024 academic year. The research method used in this study is a descriptive method with a qualitative approach, data collected observation, interviews, and documentation involving guidance and counseling teachers on duty and handling problems of grade XI students of SMK Yanikma Sekampung Udik East Lampung. The results of research on the implementation of counselling guidance services with modeling techniques in increasing the learning motivation of students of SMK Yanikma Sekampung Udik East Lampung are as follows: the implementation of counselling guidance services with modeling techniques has been carried out by guidance and counseling teachers at SMK Yanikma Sekampung Udik East Lampung, namely Mr. Agus Suwandi, S.I.Kom.M.Pd. The implementation of counselling guidance services with modeling techniques in increasing student motivation at SMK Yanikma Sekampung Udik East Lampung was carried out in four meeting sessions with stages of formation, transition, activities, and termination. In the implementation of group guidance services to increase learning motivation, researchers can conclude that guidance and counseling teachers continue to implement and are responsible for the implementation of counselling guidance services with modeling techniques in increasing learning motivation. Keywords: Group Guidance, Modeling, Learning Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2024 05:03
Last Modified: 25 Jul 2024 05:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34146

Actions (login required)

View Item View Item