MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP AL KAUTSAR BANDAR LAMPUNG

HAZIRATUL, QUDSI (2024) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP AL KAUTSAR BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER, BAB 1-2, DAPUS).pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik di zaman ini, yang mana kemampuan berpikir kreatif sangat dibutuhkan bagi keberlangsungan hidup peserta didik dalam menghadapi tuntutan zaman dan dunia kerja yang semakin berkembang. Untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif diperlukan adanya latihan dan pembiasaan kepada peserta didik. Akan tetapi tidak semua tenaga pendidik mampu memberikan pengajaran secara maksimal dalam melatih keterampilan berpikir kreatif peserta didik disekolah. Maka dari itu diperlukanlah suatu model pembelajaran yang bisa menunjang keberhasilan dalam mengembangkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam mengembangkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Al Kautsar Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pengimplementasian model pembelajaran kooperatif tipe think pair share di SMP Al Kautsar Bandar Lampung, perkembangan keterampilan berpikir kreatif, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share di SMP Al Kautsar Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data primer diperoleh langsung dari responden berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dan data sekunder berupa teori-teori dari kepustakaan yang relevan dengan pembahasan. Hasil penelitian ditemukan bahwa guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Al Kautsar Bandar Lampung telah mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share sesuai dengan langkah-langkah yang seharusnya dan dilakukan dengan baik meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Adapun pada perkembangan keterampilan berpikir iii kreatif peserta didik sudah mulai berkembang dengan baik, akan tetapi terdapat indikator yang belum tercapai dengan baik dikarenakan keterbatasan pada diri peserta didik didalam kelas yang dipengaruhi oleh kurangnya konsentrasi, kurang memahami materi dan malas. faktor pendukung dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam mengembangkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik di SMP Al Kautsar Bandar Lampung diantaranya: semangat guru dalam mengajar, keaktifan peserta didik, sarana dan prasarana, model pembelajaran tersebut mudah diaplikasikan serta fleksibel. Sedangkan faktor penghambat diantaranya: adanya peserta didik yang kurang bersemangat dalam belajar, adanya peserta didik yang dispen, rendahnya minat baca peserta didik serta guru tidak selalu bersama peserta didik sehingga peserta didik tidak selalu dalam pantauan guru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Berpikir Kreatif, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. iv ABSTRACT Creative thinking is one of the skills that students must have in this era, where the ability to think creatively is needed for students' survival in facing the demands of the times and the increasingly developing world of work. To develop creative thinking skills, students need practice and habituation. However, not all teaching staff are able to provide optimal teaching in training students' creative thinking skills at school. Therefore, we need a learning model that can support success in developing students' creative thinking skills, one of which is the think pair share type cooperative learning model. Therefore,this research focuses on the use of the think pair share type cooperative learning model in developing students' creative thinking skills in the subjects of Islamic Religious Education and Character at Al Kautsar Middle School Bandar Lampung. This research aims to find out and describe how to implement the think pair share type cooperative learning model at Al Kautsar Middle School Bandar Lampung, the development of creative thinking skills, as well as what are the supporting and inhibiting factors in using the think pair share type cooperative learning model at Al Kautsar Bandar Lampung Middle School . This study used qualitative research methods. The data collection techniques used in this research are observation, interviews and documentation, while the data analysis techniques used are data reduction, data presentation and drawing conclusions. Primary data was obtained directly from respondents based on observations and interviews and secondary data in the form of theories from the literature that are relevant to the discussion. The results of the research found that teachers of Islamic Religious Education and Character Education subjects at Al Kautsar Middle School in Bandar Lampung had implemented the think pair share type cooperative learning model in accordance with the appropriate steps and were carried out well. As for the development of students' creative thinking skills, they have begun to develop well, however there are indicators that have not been achieved well due to the limitations of students in the classroom which are influenced by lack of concentration, lack of understanding of the material and v laziness. The supporting factors for this learning model are that it is easy for teachers to plan or implement and makes students enthusiastic about learning and developing creative thinking abilities. Inhibiting factors for this model are students' low concentration, laziness in reading and lack of confidence to express opinions. Keywords: Think Pair Share Type Cooperative Learning Model, Creative Thinking, Islamic Religious Education and Character

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:54
Last Modified: 25 Jul 2024 04:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34145

Actions (login required)

View Item View Item