MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI MI AL-KHAIRIYAH BANDAR LAMPUNG

IQBAL, LUFYA (2024) MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI MI AL-KHAIRIYAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI IQBAL LUFYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa di MI AL-KHAIRIYAH Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru. Objek penelitian ini adalah Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa di MI AL-KHAIRIYAH Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis dengan menggunakan analisis data dengan tahapan pertama, ketika memasuki lapangan dengan pengamatan dan pertanyaan sederhana, analisa datanya dengan analisa domain. Tahapan selanjutnya adalah menentukan fokus, analisa data dengan pertanyaan sederhana dengan analisa taktonomi, selanjutnya pada tahan selection, pertanyaan yang digunakan adalah pertanyaan terstruktural dengan analisa data komponensial. Setelah komponensial data dilanjutkan analisa tema. Semua dilakukan dengan secara berurutan. Dari metode penelitian yang dilakukan menghasilkan bagaimana Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa di MI AL-KHAIRIYAH Bandar Lampung diantaranya, yang pertama pengaturan peserta didik terdapat pada pengendalian tingkah laku, pengaturan kedisiplinan peserta didik, pengaturan minat atau perhatian peserta didik, gairah belajar peserta didik serta dinamika kelompok peserta didik. Pengaturan fasilitas terdapat pada pengaturan ventilasi, pengaturan kenyamanan, pengaturan penempatan peserta didik dan pengaturan tempat duduk. Faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan manajemen kelas terdapat pada kepribadian guru tersebut, terbatasnya pengetahuan guru pada masalah pengelolaan, metode belajar yang digunakan sangat monoton sehingga kurangnya menarik minat peserta didik, dan tipe kepemimpinan guru tersebut dalam mengelola proses belajar mengajar kurang demokratis sehingga menimbulkan sikap pasif pada peserta didiknya. kemudian pada faktor peserta didik tersebut berupa kurangnya kesadaran peserta didik dalam memenuhi tugas dan haknya. Kemudian pada faktor fasilitas yaitu terbatasnya alat penunjang mata pelajaran dan besar atau kecilnya ruangan tidak sebanding dengan jumlah peserta didik yang sangat banyak. Dari hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa di MI AL�KHAIRIYAH Bandar Lampung sudah berjalan, dengan indikator pengaturan peserta didik dan pengaturan fasilitas. Kata Kunci: Manajemen Kelas iv ABSTRACT This study aims to describe Classroom Management in Improving Student Learning Activeness at MI AL-KHAIRIYAH Bandar Lampung. This research is a qualitative descriptive study. The subjects of this study were the head of the madrasah and teachers. The object of this research is Classroom Management in Improving Student Learning Activeness at MI AL-KHAIRIYAH Bandar Lampung. This study uses data collection techniques by means of observation, interviews and documentation. Then analyze using data analysis with the first stage, when entering the field with simple observations and questions, analyze the data with domain analysis. The next stage is to determine the focus, analyze the data with simple questions with taxonomy analysis, then on hold selection, the questions used are structured questions with componential data analysis. After the componential data continued with thematic analysis. Everything is done sequentially. From the research methods carried out, it produces how Class Management in Improving Student Learning Activeness at MI AL�KHAIRIYAH Bandar Lampung includes, the first setting of students is in controlling behavior, setting student discipline, setting interest or attention of students, learning enthusiasm of students as well as the dynamics of student groups. Facility settings are found in ventilation settings, comfort settings, student placement settings and seating arrangements. The inhibiting factors in the implementation of classroom management are found in the teacher's personality, the teacher's limited knowledge on management issues, the learning methods used are very monotonous so that they do not attract students' interest, and the type of teacher's leadership in managing the teaching and learning process is less democratic resulting in a passive attitude. to their students. then on the student factor in the form of a lack of awareness of students in fulfilling their duties and rights. Then on the facility factor, namely the limited tools to support subjects and the size of the room is not proportional to the very large number of students. From the results of the above research, it can be concluded that Classroom Management in Improving Student Learning Activeness at MI AL-KHAIRIYAH Bandar Lampung is already running, with indicators of student settings and facility arrangements. Keywords: Classroom Management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:09
Last Modified: 25 Jul 2024 04:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34141

Actions (login required)

View Item View Item