IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS ANAK USIA DINI DI RA AL-HIKMAH BANDAR NEGERI SUOH LAMPUNG BARAT

Mira, Yuyun Fatmawati (2024) IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS ANAK USIA DINI DI RA AL-HIKMAH BANDAR NEGERI SUOH LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI MIRA YUYUN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Budaya sekolah diartikan sebagai perpaduan nilai-nilai, keyakinan, asumsi, pemahaman, dan harapan-harapan yang di yakini oleh seluruh warga sekolah yang menjadi pedoman berperilaku di sekolah. Pentingnya pengenalan nilai-nilai budaya islami di sekolah untuk anak usia dini adalah agar terciptanya karakter religius dan akhlak mulia pada peserta didik. Karakter religius adalah sebuah sikap, watak, tabiat yang berlandaskan dengan agama yang dianut. Sehingga setiap tingkah laku yang anak dikerjakan akan mempertimbangkan baik dan buruknya. Menumbuh kembangkan nilai-nilai religius sebaiknya dilakukan sejak dini. Anak usia dini dalam perkembangan yang paling cepat dalam berbagai aspek termasuk aspek agama, moral, sosial, intelektual, dan emosi. Perlakuan pendidikan yang diberikan pada usia dini diyakini akan terpatri kuat di dalam hati dan pikiran anak yang jernih. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terkait implementasi budaya sekolah dalam membentuk karakter religius anak usia dini di RA Al- Hikmah Bandar Negeri Suoh Lampung Barat. Penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, satu orang guru RA Al – Hikmah Bandar Negeri Suoh Lampung Barat dan tiga orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.Keabsahan data menggunakan tringulasi sumber. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Implementasi pelaksanaan budaya sekolah dalam membangun karakter religius menekankan pada tiga aspek penting yakni, nilai-nilai Islami (nilai ketaqwaan, nilai kesopanan, nilai kedisiplinan dan nilai persaudaraan) dan dilakukan dilakukan secara komprehensif meliputi kegiatan harian, kegiatan mingguan, dan kegiatan tahunan. Proses pembentukan karakter religius dilakukan melalui keteladanan, pemahaman, kebiasaan, iv nasihat, perhatian, dan pengawasan dari pihak sekolah maupun dari orang tua. Dampak dari kerberhasilan budaya sekolah dalam membangun karakter religius terlihat pada perubahan-perubahan peserta didik maupun warga sekolah lainya kearah yang lebih positif. Karena dengan adanya perwujudan budaya sekolah guru dan karyawan ditintut agar lebih disiplin, tepat waktu, dan senantiasa memberikan contoh kepada siswa. Kata Kunci: Budaya Sekolah, Karakter Religius, Anak Usia Dini. v ABSTRACT School culture is defined as a combination of values, beliefs, assumptions, understanding and hopes that are believed by all school members which serve as guidelines for behavior at school. The importance of introducing Islamic cultural values in schools for early childhood is to create religious character and noble morals in students. Religious character is an attitude, character, character that is based on the religion one adheres to. So that every behavior that the child carries out will consider the good and bad. Developing religious values should be done from an early age. Early childhood develops the fastest in various aspects including religious, moral, social, intellectual and emotional aspects. It is believed that educational treatment given at an early age will be firmly imprinted in the child's clear heart and mind. Based on this, this research aims to analyze the implementation of school culture in shaping the religious character of early childhood at RA Al-Hikmah Bandar Negeri Suoh West Lampung. The research carried out was qualitative with descriptive research type, the subjects in this research were the principal, one homeroom teacher RA Al – Hikmah Bandar Negeri Suoh West Lampung, and three parents of students. The data collection techniques used in this research are observation, interviews and documentation. In analyzing the data the author uses data reduction, data presentation and drawing conclusions. The validity of the data uses source triangulation. The results of this research explain that the implementation of school culture in building religious character emphasizes three important aspects, namely, Islamic values (the value of devotion, the value of politeness, the value of discipline and the value of brotherhood) and is carried out comprehensively including daily activities, weekly activities, and annual activities. The process of forming religious character is carried out through example, understanding, habits, advice, attention and supervision from the school and parents. The impact of the success of school culture in building religious character can be seen in changes in students and vi other school members in a more positive direction. Because with the realization of school culture, teachers and employees are required to be more disciplined, punctual, and always set an example for students. Keywords: School Culture, Religious Character, Early Childhood.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jul 2024 09:41
Last Modified: 24 Jul 2024 09:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34133

Actions (login required)

View Item View Item