PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE RTE (ROTATING TRIO EXCHANGE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU KELAS V MIN 11 BANDARLAMPUNG

SARI, DESPA MILLA DWI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE RTE (ROTATING TRIO EXCHANGE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU KELAS V MIN 11 BANDARLAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of DESPA.pdf]
Preview
PDF
Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA Terpadu peserta didik dikarenakan peserta didik kurang termotivasi untuk belajar IPA Terpadu dan disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan guru belum mampu memaksimalkan pembelajaran IPA Terpadu di kelas V MIN 11 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018. Sehingga membuat hasil belajar IPA Terpadu rendah, oleh karena itu perlu model pembelajaran yang bervariasi dan menarik perhatian peserta didik dan diharapkan peserta didik mampu memahami apa yang di sampaikan oleh pendidik sehaingga akan mendorong keberhasilan peserta didik dalam menguasai materi dan meninggkatkan hasil belajar IPA Terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan desain Quasy Experimental Design. Sampel penelitian ini adalah 2 kelas yang terdiri dari 60 peserta didik yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang menggunakan strategi ekspositori. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan sistem random. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah tes tulis multiple choice yang sesuai dengan indikator. Sebeluminstrumen soal diberikan, soal tersebut telah diuji cobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran tes sebagai instrumen soal. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Teknis analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik dengan menggunakan strategi Rotating Trio Exchange lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata yang menggunakan strategi Ekspositori, hal ini terlihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen 80 dan kelas kontrol73. Berdasarkan hasil analisis data dengan perhitungan program SPSS versi 17.0 for Windowsnilai t hitung = 3.379 >t table =.1,45. Dengan demikian nilai thitung > ttabel pada taraf signifikan 5%, maka hipotesis (Ha) diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwaterdapat pengaruh strategi pembelajaran , RTE (Rotating Trio Exchange)terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA Terpadu kelas V di MIN 11 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 29 Mar 2018 08:14
Last Modified: 29 Mar 2018 08:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3413

Actions (login required)

View Item View Item