PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBANTU HOLOGRAM DAN TEXT TO SPEECH SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA SMP KELAS VIII

YUNI, FITRIANI (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBANTU HOLOGRAM DAN TEXT TO SPEECH SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA SMP KELAS VIII. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI YUNI FITRIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pra penelitian yang telah dilakukan penulis menggunakan angket dan juga wawancara langsung dengan pendidik diketahui bahwa peserta didik merasa jenuh dan bosan adanya pembelajaran hanya menggunakan buku paket ataupun kurangnnya media pembelajaran yang menarik terutama pada materi sistem ekskresi pada manusia, menyebabkan siswa kurang tertarik dalam pembelajaran, Media pembelajaran ialah salah satu faktor pendukung keberhasilan dalam proses pembelajaran terlebih dengan media pembelajaran yang berkaitan dengan teknologi. Sehingga perlu dikembangkan media pembelajaran berupa E-modul interaktif digital. Jenis penelitian yang digunakan yakni R&D dengan model pengembangan Borg and Gall sampai tahapan ke 7 (potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, uji coba produk dan revisi produk). Dengan produk media pembelajaran yang divalidasi oleh 6 validator. VIII SMPN 1 Bumi Ratu Nuban Populasi yang digunakan yaitu kelas dengan 11, 10 peserta didik dan 1 pendidik untuk uji coba kelompok kecil dan 30 peserta didik didalam 1 kelas untuk uji coba lapangan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Media Pembelajaran berbasis E-modul Interaktif dengan materi sistem ekskresi pada manusia sangat valid yang diketahui berdasarkan nilai rata-rata dengan hasil validasi ahli media sebesar 82% dan ahli materi sebesar 92% dan ahli Bahasa 88%. Berdasarkan hasil uji coba pada peserta didik bahwasanya media pembelajaran berbasis e-booklet pada materi jaringan hewan dinyatakan sangat menarik dengan hasil pada uji coba kelompok kecil sebesar 78% dan uji coba lapangan sebesar 80 %. Kata kunci: E-Modul Interaktif,Media Pembelajaran,Sistem Ekskresi Pada Manusia. iv ABSTRACT Based on the results of pre-research conducted by the author using questionnaires and also direct interviews with educators, it is known that students feel bored and fed up with learning only using textbooks or the lack of interesting learning media, especially regarding the human excretory system material, causing students to be less interested in learning. , Learning media is one of the supporting factors for success in the learning process, especially with learning media related to technology. So it is necessary to develop learning media in the form of digital interactive E-modules. The type of research used is R&D with the Borg and Gall development model up to stage 7 (potential and problems, data collection, product design, design validation, product testing and product revision). With learning media products validated by 6 validators. VIII SMPN 1 Bumi Ratu Nuban The population used was a class of 11, 10 students and 1 educator for small group trials and 30 students in 1 class for field trials. The results of the research show that Interactive E-module based Learning Media with material on the excretory system in humans is very valid, which is known based on the average value with validation results from media experts at 82% and material experts at 92% and language experts at 88%. Based on the results of trials on students, e-booklet-based learning media on animal tissue material was stated to be very interesting with results in small group trials of 78% and field trials of 80%. Keywords: Excretory System In Humans, Learning Media, Interactive E-Modul.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jul 2024 09:10
Last Modified: 24 Jul 2024 09:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34128

Actions (login required)

View Item View Item