PELAKSANAAN TEKNIK SELF MANAJEMEN DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN DIRI DARI PRILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG

Elichia, Indriyani (2024) PELAKSANAAN TEKNIK SELF MANAJEMEN DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN DIRI DARI PRILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ELICHIA INDRIYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan Membolos pada peserta didik di sekolah, seperti peserta didik membolos dan terlambat. Permasalahan ini terdapat pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 6 Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan teknik self management dalam menumbuhkan kesadaran diri dari prilaku membolos peserta didik di SMP Negeri 6 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain studi kasus, kasus dari penelitian ini terdiri dari single case design yang menggunakan satu kasus. Subyek pada penelitian ini adalah Guru BK di SMP Negeri 6 Bandar Lampung dan obyek peserta didik kelas VIII yang terdiri dari 5 obyek. Adapun prosedur pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh guru BK tentang langkah�langkah Teknik Self Management yang dilakukan oleh guru BK ada 5 langkah akan tetapi data dan fakta yang penulis temui hanya menggunakan 3 langkah pemantauan diri (Self-monitoring). Membuat rencana perubahan (Working out a plan for change), Perencanaan tindakan evaluasi (Evaluating an action plan). Serta terdapat pula perubahan yang dirasakan dalam menurunkan kecenderungan perilaku terlambat sekolah pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Bandar Lampung, berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan guru bimbingan dan konseling kepada peserta didik. Kata Kunci : Membolos, Self Management iii ABSTRACT This research was motivated by the problem of truancy among students at school, such as students being truant and late. This problem occurs in class VIII students at SMP Negeri 6 Bandar Lampung. The aim of this research is to find out how self�management techniques are implemented in raising self-awareness of students' truant behavior at SMP Negeri 6 Bandar Lampung. The research method used in this research is qualitative with a case study design, the cases of this research consist of a single case design which uses one case. The subjects of this research were the guidance and counseling teachers at SMP Negeri 6 Bandar Lampung and the objects for class VIII students consisted of 5 objects. The data collection procedures use interviews, observation and documentation. The results of research conducted by guidance and counseling teachers regarding the steps of Self Management Techniques carried out by guidance and counseling teachers contain 5 steps, but the data and facts that the author found only used 3 steps of self-monitoring. Making a change plan (Working out a plan for change), Planning an evaluation action (Evaluating an action plan). And there are also changes that are felt in reducing the tendency for late school behavior in class VIII students at SMP Negeri 6 Bandar Lampung, based on the results of interviews conducted by guidance and counseling teachers with students. Keywords: Truancy, Self Management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jul 2024 08:50
Last Modified: 24 Jul 2024 08:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34125

Actions (login required)

View Item View Item