PENGGUNAAN MEDIA ELEKTRONIK BERBASIS PROYEKTOR PADA MASA LEARNING LOSS DAMPAK COVID 19 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 1 KOTA AGUNG

UMMI, AULIA (2024) PENGGUNAAN MEDIA ELEKTRONIK BERBASIS PROYEKTOR PADA MASA LEARNING LOSS DAMPAK COVID 19 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 1 KOTA AGUNG. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of TESIS BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of TESIS CETAK UMMI AULIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pandemi COVID-19 membuat kita harus belajar dari rumah, dan di SMA N 1 Kota Agung, hal ini berdampak pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas X. Pembelajaran daring, yang sekarang dijalankan, memiliki tantangan tersendiri. Siswa mungkin kesulitan memahami pelajaran agama Islam tanpa tatap muka langsung dengan guru dan teman sekelas dan beberapa mengalami kesulitan akses teknologi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi merdeka belajar masa learning loss dampak covid 19 dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada peserta didik kelas X SMA N 1 Kota Agung dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi merdeka belajar masa learning loss dampak covid 19 dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada peserta didik kelas X SMA N 1 Kota Agung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan mereduksi data, setelah itu disajikan dalam bentuk deskripsi dan diverifikasi dengan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Guru dapat lebih mengembangkan pembelajaran yang dapat membuat kondisi belajar tetap efektif walaupun dilakukan masa covid 19, lebih sering berkomunikasi dengan peserta didik. Guru hendaknya lebih meningkatkan kreativitasnya sebagai pendidik untuk menjadi guru yang lebih professional. Guru juga perlu menyesuaikan diri dan mengelola kegiatan pembelajaran secara daring maupun luring dengan baik, agar target materi pembelajaran tercapai. Peserta didik lebih diberikan motivasi dalam belajar agar pada saat pelaksanaan belajar melalui daring tetap memiliki semangat yang tinggi dan dapat mengikut proses pembelajaran dengan baik sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai di kelas. Orang tua perlu beradaptasi dan juga aktif dalam mendukung serta membantu/ membimbing anaknya pada kegiatan pembelajaran secara daring maupun luring. Adanya covid-19 menuntut orang tua secara maksimal dalam pendidikan anak di sekolah. Kata Kunci : Merdeka Belajar, Learning Loss Covid 19, Pendidikan Agama Islam vi ABSTRACT The COVID-19 pandemic means we have to study from home, and at SMA N 1 Kota Agung, this has an impact on the learning of Islamic Religious Education for class X students. Online learning, which is currently implemented, has its own challenges. Students may have difficulty understanding Islamic religious lessons without face-to-face contact with teachers and classmates. Some may even have difficulty accessing technology.. The aim of this research is to determine the implementation of the free learning period during learning loss, the impact of Covid 19 in learning Islamic religious education in class for class X students at SMA N 1 Kota Agung. This research use desciptive qualitative approach. Data collection was carried out by conducting interviews, observation and documentation. Analysis of the data used in this research was carried out by reducing the data, after which it was presented in the form of descriptions and verified by drawing conclusions. The results of this research show that: Teachers can further develop learning that can make learning conditions remain effective even during the Covid 19 period, communicating more often with students. Teachers should further increase their creativity as educators to become more professional teachers. Teachers also need to adapt and manage online and offline learning activities well, so that learning material targets are achieved. Students are given more motivation in learning so that when implementing online learning they still have high enthusiasm and can participate in the learning process well in accordance with the learning objectives to be achieved in class. Parents need to adapt and also be active in supporting and helping/guiding their children in online and offline learning activities. The presence of Covid-19 requires parents to do their best in educating their children at school Keywords : Electronic Media, Projectors, Free Learning, Learning Loss Covid 19, Islamic Religious Education

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jul 2024 08:28
Last Modified: 24 Jul 2024 08:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34123

Actions (login required)

View Item View Item