IMPLEMENTASI NILAI- NILAI PENDIDIKAN AKHLAK KELAS IX DI SMP NEGERI 13 PESAWARAN

Antoni, Prasatio (2024) IMPLEMENTASI NILAI- NILAI PENDIDIKAN AKHLAK KELAS IX DI SMP NEGERI 13 PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ANTONI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI NILAI- NILAI PENDIDIKAN AKHLAK KELAS IX DI SMP NEGERI 13 PESAWARAN Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak siswa kelas IX SMP 13 Pesawaran. 2) Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak siswa kelas IX SMP 13 Pesawaran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: Implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak siswa kelas IX SMP 13 Pesawaran adalah dengan kegiatan kelas yang bersifat rutin, kegiatan spontan, keteladan dalam kelas, pengkondisian kelas, dan sistem reward and punishment. Implementasi nilai pendidikan akhlak juga diwujudkan dengan pemberian nasihat dan motivasi yang dilakukan oleh masing-masing wali kelas kepada siswa. Kegiatan-kegiatan yang bernuansa Islami juga sering diadakan untuk membentuk karakter siswa, seperti ceramah keagamaan setiap seminggu sekali dengan menggunakan speaker center. Nilai pendidikan akhlak yang dikembangkan ini berkonsep kepada ajaran agama Islam, unggah-ungguh dan budaya Jawa, visi dan misi , serta tata tertib yang dibuat sekolah. Adapun Faktor pendukung implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak yaitu faktor bawaan dari dalam diri siswa yang berupa kecenderungan, bakat, dan akal. Sedangkan faktor dari luar diantaranya adalah adanya visi dan misi sekolah, kebijakan dari guru, kegiatan yang sudah terprogram dan terencana, kredit poin pelanggaran yang sudah ada di , kekompakan dan kerja sama dari semua sivitas akademik, sarana dan prasarana, kekeluargaan dari semua anggota atau warga seperti kepala sekolah, siswa, guru, komite, keamanan, serta lingkungan yang kondusif. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu faktor pergaulan, perbedaan budaya masyarakat, ketidakdisiplinan siswa, dan kurangnya perhatian dari keluarga. Kata Kunci: Nilai Pendidikan Akhlak, Karakter. iii ABSTRACT IMPLEMENTATION OF CLASS IX MORAL EDUCATIO VALUES AT SMP NEGERI 13 PESAWARAN The objectives to be achieved in this research are to find out: 1) How the moral education values are implemented for class IX students at SMP 13 Pesawaran. 2) What are the supporting and inhibiting factors for the implementation of moral education values for class IX students at SMP 13 Pesawaran. This research is a type of field research using a qualitative descriptive approach. Data sources from this research include primary and secondary data sources. Data collection techniques were obtained from interviews, observation and documentation. The results of the research show: Implementation of moral education values for class IX students at SMP 13 Pesawaran is through routine class activities, spontaneous activities, role models in class, class conditioning, and a reward and punishment system. The implementation of moral education values is also realized by providing advice and motivation to students by each class teacher. Activities with Islamic nuances are also often held to shape students' character, such as religious lectures once a week using a speaker center. The moral education values developed are based on the teachings of the Islamic religion, Javanese teachings and culture, the vision and mission of the school, as well as the rules and regulations established by the sekolah. As for supporting factors for the implementation of moral education values are innate factors within students in the form of tendencies, talents and reason. Meanwhile, external factors include the existence of the school vision and mission, teacher policies, activities that have been programmed and planned, credit points for violations that already exist in the school, solidarity and cooperation from all academic members, facilities and infrastructure, kinship from all members or school members such as school principals, students, teachers, committees, security, and a conducive school environment. Meanwhile, the inhibiting factors are social factors, differences in community culture, student indiscipline, and lack of attention from the family. Keywords: Moral Education Values, Character.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jul 2024 08:11
Last Modified: 24 Jul 2024 08:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34121

Actions (login required)

View Item View Item