PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS MATEMATIS

Fadhlur, Rohman (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS MATEMATIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI FADHLUR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah produk berupa aplikasi media pembelajaran pada android berbasis masalah terhadap kemampuan analisis matematis. Salah satu alasan penelitian ini yaitu masih rendahnya tingkat kemampuan analisis matematis yang dimiliki mahasiswa sehingga dengan adanya aplikasi pembelajaran berbasis masalah mampu untuk menambah ilmu khususnya di pembelajaran matematika dengan kelebihan mudah digunakan kapan dan dimana saja. Model yang digunakan pada metode penelitian dan pengembangan (R & D) adalah model 4D yaitu model yang terdiri dari 4 tahap diantaranya: 1) Define (Pendefinisian), 2) Design (Perancangan), 3) Develop (Pengembangan), 4) Desseminate (Penyebaran). Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, angket validasi materi dan media, angket respon kepraktisan, serta uji pre test dan post test. Berdasarkan hasil dan pembahasan dari penelitian ini adalah produk berupa media pembelajaran matematika yang dikemas dalam bentuk aplikasi android berbasis masalah dikatakan berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan analisis matematis. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Analisis Matematis. iv ABSTRACT This research aims to produce a product in the form of a problem�based learning media application on Android for mathematical analysis skills. One of the reasons for this research is that the level of mathematical analysis skills possessed by students is still low, so that the problem-based learning application is able to increase knowledge, especially in mathematics learning, with the advantage of being easy to use anytime and anywhere. The model used in the research and development (R & D) method is the 4D model, namely a model consisting of 4 stages including: 1) Define, 2) Design, 3) Develop, 4) Desseminate ( spread). The data collection instruments used were interviews, material and media validation questionnaires, practicality response questionnaires, as well as pre-tests and post-tests. Based on the results and discussion of this research, the product in the form of mathematics learning media which is packaged in the form of a problem-based Android application is said to have an effect on improving mathematical analysis skills. Keywords: Learning Media, Problem Based Learning, Mathematical Analysis Skills

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jul 2024 07:28
Last Modified: 24 Jul 2024 07:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34112

Actions (login required)

View Item View Item