MANAJEMEN STRATEGI MAJELIS RASULULLAH LAMPUNG DALAM MEMBINA AKHLAK GENERASI MILENIAL DI BANDAR LAMPUNG

Zikri, Fahruzi (2024) MANAJEMEN STRATEGI MAJELIS RASULULLAH LAMPUNG DALAM MEMBINA AKHLAK GENERASI MILENIAL DI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ZIKRI FAHRUZI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen Srategi adalah suatu kegiatan merancang suatu pesan dalam menyampaikan ajaran islam kepada majelis taklim ataupun masyarakat demi tercapainya akhlakul karimah yang baik melalui Pembinaan Akhlak terhadap Generasi Milenial untuk membentengi diri mereka kedepannya dengan ilmu-ilmu agama. Yang dimaksud dalam skripsi ini adalah Manajemen Strategi Majelis Rasulullah Lampung Dalam Membina di Era Generasi Milenial memberikan pengetahuan kagamaan, meningkatkan keimanan dan juga menamkan rasa kasih sayang serta kertertarikan terhadap belajar agama secara langsung. Masalah yang penulis kemukakan adalah bagaimana Manajemen Strategi yang digunakan Majelis Rasulullah Lampung Dalam Membina Akhlak Generasi Milenial. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research ) dan sifat penelitian ini adalah deskriptif. Adapun pengambilan dengan menggunakan teknik non rendom sampling, sehingga diperlukan 9 orang untuk mrnjadi narasumber dalam pengambilan data-data selain itu juga dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Maka selanjutnya penelitian ini dianalisa menggunakan analisa kualitatif yang menghasilkan data berupa dengan kata-kata tertulis atau lisan narasumber yang penulis teliti. Dari hasil temuan penulis mengetahui Manajemen Strategi yang di gunakan dalam Membina Akhlak Generasi Milenial adalah menggunakan strategi persuasif, strategi sentimental, dan strategi informatif. Dengan cara melakukan pembinaan dengan mengedepankan rasa kasih sayang terhadap jama’ah menggunakan meteri-materi seperti cerita tentang Nabi saw beserta para sahabatnya dan tak lupa pula mengajarkan sunnah�sunnah Nabi Saw untuk di terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan melihat ap yang ada di lapangan Majelis Rasulullah menggunakan Manajemen Strategi Pembinaan karena sasaran dalam pembinan mereka adalah remaja atau Generasi Milenial hal ini di lakukan untuk menjaga eksistensi dari keberadaan Majelis Rasulullah dan juga para jama’ah. Banyak yang menyukai Manajemen Strategi Pembinaan tersebut kerena Majelis Rasulullah selalu istiqomah dan konsissten dalam menerapkan Manajemen Strategi Pembinaan Akhlak melalui program-program kegiatan pembinaanya. Adapun temuan dalam pelaksanaan Manajemen Strategi pembinaan tersebut adalah Majelis Rasulullah sebagai juru pembinaan memberikan rasa kasih sayang serta ilmu-imu agama dalam membentengi diri mereka kedepanya menjadi pribadi yang lebih baik. Kata Kunci : Manajemen, Strategi, Prmbinaan, Generasi Milenial. ABSTRACT Strategic Management is an activity to design a message in conveying Islamic teachings to the taklim assembly or the community in order to achieve good morals through coaching the Millennial Generation to fortify themselves in the future with religious knowledge. What is meant in this thesis is the Management Strategy of the Lampung Rasulullah Council in Guiding the Millennial Generation to provide religious knowledge, increase faith and also instill a sense of affection and interest in learning religion directly. The problem that the author raises is the management strategy used by the Lampung Rasulullah Council in developing the era of the Millennial Generation. This type of research is field research and the nature of this research is descriptive. The collection used a non�random sampling technique, so 9 people were needed to be resource persons in collecting the data. Apart from that, in collecting the data the author used interview, observation and documentation methods. So next, this research was analyzed using qualitative analysis which produced data in the form of written or spoken words from the sources studied by the author. From the findings, the author knows that the Management Strategy used in Fostering in the Era of the Millennial Generation is using persuasive strategies, sentimental strategies and informative strategies. By providing guidance by prioritizing compassion for the congregation using materials such as stories about the Prophet SAW and his companions and not forgetting to also teach the sunnahs of the Prophet SAW to be applied in everyday life. By looking at what is in the field, the Rasulullah Council uses Development Strategy Management because the targets in their development are teenagers or the Millennial Generation. This is done to maintain the existence of the Rasulullah Council and also the congregation. Many people like the Development Strategy Management because the Rasulullah Council is always steadfast and consistent in implementing Development Strategy Management through its development activity programs. The findings in the implementation of the management strategy for guidance were that the Rasulullah Council as guidance interpreters provided a sense of compassion and religious knowledge to fortify themselves in the future to become better individuals. Keywords: Management, Strategy, Development, Millennial Generation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jul 2024 07:14
Last Modified: 24 Jul 2024 07:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34109

Actions (login required)

View Item View Item