Rohayati, Dina (2017) PENERAPAN METODE BRAINSTORMING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII.2 SMP NEGERI 1 PAGELARAN KABUPATEN PRINGSEWU. Undergraduate thesis, IAIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Preview |
PDF
Download (12MB) | Preview |
Abstract
Penggunaan metode dalam mengajar yang tepat merupakan suatu alternatif mengatasi masalah rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam guna meningkatkan mutu pengajaran. Penerapan suatu metode pengajaran harus ditinjau dari segi keefektifan, keefesienan, dan kecocokannya dengan karakteristik materi pelajaran serta keadaan peserta didik. Salah satu metode yang diterapkan dalam melibatkan peserta didik secara aktif guna meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah metode brainstorming. Dalam wujud hasil proses penerapan metode brainstorming di SMP Negeri 1 Pagelaran Kabupaten Pringsewu adalah hasil belajar peserta didik mencapai target kriteria ketuntasan minimal yaitu 76. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di kelas VIII.2 SMP Negeri 1 Pagelaran Kabupaten Pringsewu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Presentase keberhasilan pada siklus I pertemuan pertama mengalami peningkatan sebesar 10 Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VIII.2 SMP Negeri 1 Pagelaran Kabupaten Pringsewu. Kata Kunci: Metode Brainstorming, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar. ii
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam |
Depositing User: | HAMID FAHMI FAHMI |
Date Deposited: | 13 Mar 2017 01:51 |
Last Modified: | 13 Mar 2017 01:51 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/341 |
Actions (login required)
View Item |